Citra Media Cetak Harian Singgalang dan Padang Ekspres Bagi Khalayak (Studi pada Masyarakat Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang)

Desmita, Maisix Dela (2020) Citra Media Cetak Harian Singgalang dan Padang Ekspres Bagi Khalayak (Studi pada Masyarakat Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KESIMPULAN)
BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Citra Media Cetak Harian Singgalang dan Padang Ekspres Bagi Khalayak (Studi pada Masyarakat Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang) Oleh : Maisix Dela Desmita 1510862026 Pembimbing : Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si Rinaldi, M.I.Kom Kebutuhan masyarakat terhadap informasi merupakan pengaplikasian dari peran media cetak sebagai intitusi penyedia informasi. Meskipun adanya pergantian platform dari media cetak ke media digital, minat baca masyarakat dalam membaca media cetak masih bisa dipertimbangkan. Meskipun turunnya jumlah pembaca media cetak, tingkat kepercayaan pembaca terhadap media cetak masih tinggi. Media cetak Harian Singgalang dan Padang Ekspres mampu mencetak media cetak sekitar 15.000 sampai 20.000 oplah setiap harinya. Jumlah oplah media cetak menandakan berita Harian Singgalang dan Padang Ekspres masih menjadi pusat informasi masyarakat Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tanggapan dan kebutuhan khalayak media cetak Harian Singgalang dan Padang Ekspres menggunakan teori pemrosesan informasi dari Robert Gagne. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dalam menentukan kebutuhan informasi pembaca dipengaruhi oleh pengaruh internal dan eksternal. Pengaruh internal yaitu fokus informasi yang dibutuhkan, meminimalisir mendapatkan informasi yang salah, membutuhkan bentuk fisik berita dan mempertimbangkan sumber berita. Sedangkan pengaruh eksternal yaitu pekerjaan dan tempat bekerja pembaca berlangganan media cetak. Berdasarkan pengaruh ini dapat diketahui bahwa pembaca Harian Singgalang dan Padang Ekspres hanya memerlukan berita dari kedua media cetak ini untuk kebutuhan informasi dalam jangka waktu yang singkat. Pembaca hanya akan mengingat halaman dan rubrik yang sesuai dengan kebutuhannya untuk jangka waktu yang lama. Kata Kunci : Berita, Harian Singgalang, Padang Ekspres, Citra, Pembaca dan Kota Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 24 Jan 2020 11:03
Last Modified: 24 Jan 2020 11:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56174

Actions (login required)

View Item View Item