KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGEMUDI TAKSI ONLINE (Studi Fenomenologi Komunikasi dengan Penumpang Di Kota Padang)

Novia, Amirah Azmi (2019) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGEMUDI TAKSI ONLINE (Studi Fenomenologi Komunikasi dengan Penumpang Di Kota Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Tesis Novia Amirah Azmi.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan Tesis Novia Amirah Azmi.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
Bab VI Penutup Tesis Novia Amirah Azmi.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Tesis Novia Amirah Azmi.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img] Text (Fulltext Tesis)
Fulltext Tesis Novia Amirah Azmi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hadirnya taksi online di Kota Padang menjadi sumber mata pencaharian baru bagi masyarakatnya. Ribuan orang dengan berbagai latar belakang bergabung menjadi mitra Go-Car dan Grab-Car. Permasalahannya tidak semua pengemudi taksi online memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Banyak persoalan yang muncul akibat komunikasi yang tidak berjalan dengan baik antara pengemudi dan penumpang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif yang menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan fenomenologi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa komunikasi interpersonal antara pengemudi dan penumpang dan menganalisa upaya-upaya komunikasi yang dilakukan pengemudi taksi online dalam memberikan pelayanan kepada penumpang. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas komunikasi interpersonal dapat dilihat dari lima sikap positif yaitu keterbukaan (openness), empati (empathy), sikap mendukung (supportiveness), sikap positif (positiveness) dan kesetaraan (equality). Keberhasilan komunikasi interpersonal dilihat dari sudut komunikator diantaranya pengemudi yang bersikap supel, ramah dan tegas, kematangan tingkat emosi, berorientasi kepada kondisi psikologis penumpang, daya tarik fisik dan non fisik, kepekaan sosial, kemampuan intelektual, kredibilitas pengemudi, serta keterpercayaan. Keberhasilan komunikasi dari sudut komunikan diantaranya penumpang yang bersahabat dengan pengemudi, penumpang yang bersikap ramah, supel dan pandai bergaul, penumpang yang memahami dengan siapa ia berbicara, penumpang yang pengetahuannya luas, serta penumpang yang cakap dalam menerima informasi. Keberhasilan komunikasi dari sudut pesan diantaranya pesan yang disampaikan jelas, tidak menimbulkan multi interpretasi dan lambang-lambang yang dipakai harus dipahami kedua belah pihak, informasi menarik, informasi praktis dan berguna bagi penumpang, sesuai fakta dan berisi rekomendasi yang membantu penumpang menyelesaikan masalah. Sedangkan hambatan komunikasi interpersonal antara lain adanya prasangka buruk umumnya dari pihak pengemudi, adanya perbedaan bahasa ketika mendapatkan tamu dari luar negeri atau turis, kredibilitas pengemudi yang rendah sehingga membuat penumpang tidak tertarik untuk berbicara lebih lanjut, kurang paham latar belakang sosial dan budaya sehingga terjadinya permasalahan di lapangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi interpersonal, taksi online, Go-Car, Grab-Car
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 27 Jan 2020 12:28
Last Modified: 27 Jan 2020 12:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56159

Actions (login required)

View Item View Item