STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PEMERINTAH KOTA PEKANBARU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN VISI "PEKANBARU KOTA METROPOLITAN MADANI" (Studi Pada Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru)

Ivan, Taufiq (2019) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PEMERINTAH KOTA PEKANBARU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN VISI "PEKANBARU KOTA METROPOLITAN MADANI" (Studi Pada Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Tesis Ivan Taufiq.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan Tesis Ivan Taufiq.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup Tesis Ivan Taufiq.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Tesis Ivan Taufiq.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pekanbaru merupakan kota yang saat ini menuju pada titik terbaik pembangunannya yaitu menjadi kota metropolitan. Dalam perkembangan tersebut, untuk tetap mengedepankan budaya Melayu sebagai dasar kemajuan kota, maka Pemerintah Kota Pekanbaru membentuk Visi Pekanbaru Kota Metropolitan Madani. Diskominfo, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru ditunjuk sebagai leading sector dalam mensosialisasikan dengan menggunakan strategi komunikasi yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi Diskominfo, Statistik dan Persandian dalam mengimplementasikan visi Kota Pekanbaru. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah Kepala Dinas, Kepala Bidang dan Pegawai Diskominfo, Statistik dan Persandian, Ketua Harian Lembaga Adat Melayu Riau, dan Masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah dalam pelaksanaannya Diskominfo, Statistik dan Persandian menggunakan dua program yaitu sosialisasi program komunitas informasi masyarakat dan program kota pintar atau smart city. Strategi komunikasi yang digunakan adalah menentukan sasaran yaitu Masyarakat, Stakeholder dan Organisasi Perangkat Daerah. Kemudian menentukan tujuan yaitu tujuan khusus berupa tindakan langsung di lingkungan masyarakat dan tujuan umum berupa penjelasan informasi kepada seluruh masyarakat. Pesan yang disampaikan bersifat persuasif dan informatif. Menentukan media komunikasi yaitu koran harian Riau Pos, Riau Televisi, RRI Pekanbaru, Website www.pekanbaru.go.id, laman facebook Dinas Komunikasi Informatiak, Statistik dan Persandian dan videotron. Adapun hambatan dalam strategi komunikasi ini adalah pada proses penyampaian pesan karena kurangnya sumber daya manusia dan pada proses penerimaan pesan karena latar belakang masyarakat yang beragam.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Implementasi, Pemerintah
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Jan 2020 10:08
Last Modified: 23 Jan 2020 10:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55963

Actions (login required)

View Item View Item