KAJIAN PERUBAHAN TUTUPAN LAHAN DAN INDEKS KERAPATAN VEGETASI TERHADAP KOEFISIEN PENGALIRAN PADA HULU DAERAH ALIRAN SUNGAI BATANG KURANJI

RIFKY, PUTERA (2019) KAJIAN PERUBAHAN TUTUPAN LAHAN DAN INDEKS KERAPATAN VEGETASI TERHADAP KOEFISIEN PENGALIRAN PADA HULU DAERAH ALIRAN SUNGAI BATANG KURANJI. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 ((Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup-Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
full tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Daerah hulu Sungai Batang Kuranji yang memiliki tingkat kelerengan yang tajam dan berbukit, serta adanya konversi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman dan industri merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan potensi banjir. Pengembangan fisik lahan suatu Daerah Aliran Sungai (DAS) yang mengalami perubahan membutuhkan suatu metode yang akurat dalam mencari informasi tutupan lahan. Teknik penginderaan jauh merupakan salah satu cara yang cepat dan mudah dalam pemantauan informasi perubahan tata guna lahan dan indeks keraapatan vegetasi di DAS Batang Kuranji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan tata guna lahan dan nilai indeks kerapatan vegetasi terhadap perubahan nilai koefisien limpasan pada hulu DAS Batang Kuranji pada tahun 2017 dan 2018. Pengolahan data citra landsat 8 OLI tahun 2017 dan tahun 2018 dengan software Quantum GIS menggunakan metode klasifikasi terbimbing (supervised classification) untuk mengelompokkan masing-masing kelas tutupan lahan. Analisa NDVI (Normalized Diffrerence Vegetation Index) pada citra landsat 8 OLI menggunakan Saluran Inframerah Dekat (NIR) pada band 5 dan saluran merah (Red) pada band 4. Untuk menentukan nilai kerapatan tajuk vegetasi menggunakan hasil dari perhitungan NDVI, kemudian nilai kelas NDVI tersebut diklasifikasi ulang (reclass) menjadi lima kelas, yaitu awan/ bayangan awan, vegetasi jarang, vegetasi cukup rapat, vegetasi rapat dan vegetasi sangat rapat. Hasil Interpretasi data citra landsat OLI 8 pada hulu DAS batang kuranji terjadi perubahan tutupan lahan dimana untuk kawasan hutan meningkat sebesar 283,92 Ha, kawasan kebun campuran mengalami penurunan sebesar 93,68 Ha, Kawasan lahan kosong mengalami penurunan sebesar 3,16 Ha, kawasan lahan terbangun mengalami peningkatan sebesar 35,06 Ha, kawasan persawahan mengalami peningkatan sebesar 27 Ha, kawasan semak mengalami penurunan sebesar 277,43 Ha dan kawasan tegalan mengalami penurunan sebesar 190,95 Ha. Nilai indeks kerapatan vegetasi untuk masing-masing kelas pada pengamatan Tahun 2017 dan Tahun 2018 terjadi perubahan dimana kawasan vegetasi jarang mengalami peningkatan sebesar 6,47 Ha, kawasan vegetasi cukup rapat mengalami penurunan sebesar 321,92 Ha, kawasan vegetasi rapat mengalami penurunan sebesar 5.525,1 Ha dan kawasan vegetasi sangat rapat mengalami peningkatan sebesar 5.535,35 Ha. Perubahan Tataguna lahan dan nilai indeks vegetasi tersebut mempengaruhi nilai rata-rata koefisien pengaliran, pada tahun 2017 nilai koefisien pengaliran sebesar 0,31 dan pada tahun 2018 sebesar 0,30. Hal ini mengindikasikan kemampuan infiltrasi pada hulu DAS Batang kuranji semakin baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: JUNAIDI, DR. ENG
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: DAS Batang Kuranji, Indeks Vegetasi, Landsat, Koefisien Pengaliran
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 22 Jan 2020 16:40
Last Modified: 22 Jan 2020 16:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55886

Actions (login required)

View Item View Item