Salsa, Billa Kamillia (2020) Pengaruh Rambu Batas Kecepatan Terhadap Kecepatan Kendaraan. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (163kB) | Preview |
|
Text
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kecepatan rata-rata waktu kendaraan merupakan salah satu parameter yang sering digunakan dalam memulai sebuah kinerja ruas jalan. Kecepatan kendaraan sendiri menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam mengemudikan kendaraan. Jika kendaraan melintas di ruas jalan dengan kecepatan tinggi maka dapat berpotensi membahayakan pengguna jalan lain. Menurut Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan batas kecepatan maksimum disesuaikan dengan jenis kawasan yaitu pemukiman, perkotaan, jalan antar kota dan jalan bebas hambatan. Sedangkan menurut peraturan pemerintah nomor 43 tahun 1993 batas kecepatan maksimum disesuaikan dengan kelas jalan dan jenis kendaraan serta penetapan batas kecepatan (maksimum dan minimum) harus memperhatikan karakteristik lalu lintas, kondisi jalan dan kondisi lingkungan. Sebuah kendaraan untuk volume lalu lintas rendah dapat melaju dengan kecepatan melebihi batas kecepatan yang dipersyaratkan untuk ruas jalan tersebut. Untuk itu perlu diberlakukan pembatas kecepatan kendaraan, salah satunya dengan memasang rambu batas kecepatan. Perlu diadakan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemasangan dari rambu batas kecepatan terhadap kecepatan kendaraan di ruas jalan. Dalam penelitian ini dilakukan pengamatan pada kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat di dua lokasi yaitu jalan Raya Andalas dan jalan Dr Hamka pada saat jam sibuk dan jam tidak sibuk. Di akhir penelitian ini dilakukan uji t-test dependent dengan tingkat kepercayaan 95% (α 0,05) dan didapatkan hasil bahwa adanya perubahan yang signifikan (bertambah) terhadap kecepatan kendaraan setelah melewati rambu batas kecepatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Bayu Martanto Adji, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Kecepatan Kendaraan, Keselamatan, Lalu Lintas, Rambu Pembatas Kecepatan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 17:05 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 17:05 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55667 |
Actions (login required)
View Item |