Ira, Novelia (2019) Upaya Tim Akreditasi Sekolah Dalam Meningkatkan Akreditasi Sekolah (Studi : SMP Negeri di Kota Padang). Masters thesis, Universitas andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
(1) TESIS COVER DAN ABSTRAK JA.pdf - Published Version Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
(2) BAB 1.pdf - Published Version Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (Bab Akhir)
(3) BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
(4) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (159kB) | Preview |
|
Text (Thesis Full)
TESIS 2020 OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Akreditasi adalah pengakuan dan penilaian dari pihak yang berwenang atas kualitas pendidikan di lembaga pendidikan tersebut. Pengakuan atau penilaian ini untuk memberi jaminan kepada masyarakat bahwa lembaga tersebut layak dan menjadi acuan utama untuk terjadinya proses belajar, sehingga outputnyapun dijamin dan bisa digunakan oleh masyarakat pengguna lulusan lembaga pendidikan itu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya tim akreditasi sekolah dalam meningkatkan akreditasi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutika ganda yang tak lain adalah subtype riset kualitatif dari Giddens dengan tipe penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa ada beberapa upaya yang sama dilakukan tim akreditasi sekolah baik di SMP Negeri 9 Padang dan SMP Negeri 36. Adapun upaya pihak sekolah dalam meningkatkan akreditasi sekolah terbagi atas 2 yaitu upaya saat persiapan dan pengisian instrumen akreditasi antara lain: mengisi instrumen akreditasi dan Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi, mempersiapkan semua dokumen-dokumen akreditasi dan Instrumen Pengumpulan Data Dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi, meluangkan waktu sebelum pulang maupun hari libur untuk mempersiapkan dokumen-dokumen akreditasi sekolah. Dan upaya saat proses visitasi aseseor antara lain : melengkapi sarana dan prasarana sekolah, menunjuk guru yang lebih profesional dalam PBM untuk dinilai asesor akreditasi, mendekorasi ruangan penilaian akreditasi, mengundang komite sekolah pada hari penilaian akreditasi sekolah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Azwar, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Upaya, Akreditasi Sekolah, Standar Nasional Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 10:11 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 10:11 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55358 |
Actions (login required)
View Item |