HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN MEKANISME KOPING PADA PASIEN PRE ENDOSKOPI DIRUANGAN INSTALASI DIAGNOSTIK TERPADU RSUP DR. M.DJAMIL PADANG

Gian, Dwi Putra (2020) HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN MEKANISME KOPING PADA PASIEN PRE ENDOSKOPI DIRUANGAN INSTALASI DIAGNOSTIK TERPADU RSUP DR. M.DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7)
Bab Penutup.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI LENGKAP GIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Endoskopi adalah prosedur pemeriksaan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kondisi organ tubuh bagian dalam secara visual dengan menggunakan alat yang berbentuk pipa karet lentur yang dimasukkan ke dalam suatu rongga tubuh seperti mulut, hidung, anus atau melalui insisi kecil. Pemeriksaan endoskopi ternyata mampu membuat pasien merasa cemas sebelum dilakukan tindakan endoskopi. Setiap pasien memiliki mekanisme koping yang bervariasi tergantung tingkat kecemasan yang dirasakan.Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan kecemasan dengan mekanisme koping pada pasien pre endoskopi diruangan Instalasi Diagnostik Terpadu RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian adalah Deskriptif Analitik dan Korelatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Pengambilan sampel dengan teknik pusposive sampling yaitu 41 responden yang akan menjalani prosedur tindakan endoskopi . Analisis yang digunakan adalah uji Korelasi Spearmen. Hasil penelitian menujukkan lebih dari setengah responden memiliki kecemasan sedang (48,8%) dan lebih dari setengah responden menggunakan mekanisme koping adaptif (56,1%). Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan(p value = 0,001) antara kecemasan dengan mekanisme koping dan arah hubungan negatif serta kekuatan korelasi sedang (r= -0,510). Berdasarkan hasil tersebut diharapkan kepada perawat rumah sakit untuk tetap mempertahankan edukasi yang telah diberikan sebelum tindakan diruangan terhadap kecemasan pasien agar terbentuk mekanisme koping yang lebih baik lagi untuk menghadapi tindakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Fatmadona, M. Kep.,Sp.Kep.MB
Uncontrolled Keywords: Endoskopi, Kecemasan, Mekanisme Koping
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jan 2020 15:27
Last Modified: 21 Jan 2020 15:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55357

Actions (login required)

View Item View Item