ANALISIS PENYEBAB INSIDEN PASIEN JATUH DI BANGSAL PENYAKIT DALAM DAN INSTALASI PAVILIUN AMBUN PAGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

DWI, NOVILOLITA (2020) ANALISIS PENYEBAB INSIDEN PASIEN JATUH DI BANGSAL PENYAKIT DALAM DAN INSTALASI PAVILIUN AMBUN PAGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Full text)
full text.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Kejadian pasien jatuh merupakan kejadian yang tidak direncanakan dengan atau tanpa cedera di unit rawat inap. Berdasarkan standar pelayanan minimal, kejadian pasien jatuh diharapkan adalah 0%. Berdasarkan data awal terdapat 53 insiden keselamatan pasien dimana insiden terbanyak adalah kejadian pasien jatuh dengan 11 kejadian. Tujuan: Mengetahui penyebab dan komponen yang berperan dalam insiden pasien jatuh di bangsal penyakit dalam dan instalasi Paviliun Ambun Pagi RSUP Dr. M. Djamil Padang. Metode: Penelitian kualitatif dengan Framework Analysis. Peneliti melakukan wawancara semi terstuktur kepada 21 informan, telaah dokumen, serta observasi. Penelitian dilakukan dari bulan Mei 2019-Januari 2020. Kesimpulan: Penyebab insiden pasien jatuh dari faktor SDM yaitu belum optimalnya peran perawat, dokter, dan cleaning service, kurangnya tenaga perawat dan tingkat pendidikan, serta kurang optimalnya kemampuan perawat mengenai pencegahan pasien jatuh. Faktor sifat dasar pekerjaan adalah kompleksitas pengobatan dan kurang optimalnya kerja sama dalam unit. Lingkungan fisik dimana kurangnya sarana. Lingkungan organisasi dan sosial yaitu belum optimalnya komunikasi dan pelaksanaan SOP. Faktor Manajemen belum optimalnya penerapan budaya safety. Lingkungan eksternal berupa belum optimalnya pelaksanaan pencegahan pasien jatuh sesuai kebijakan. Kurangnya pengetahuan pasien dan keluarga terkait pencegahan pasien jatuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Yuniar Lestari, M.Kes, FISPH, FISCM
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 21 Jan 2020 15:55
Last Modified: 21 Jan 2020 15:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55331

Actions (login required)

View Item View Item