Hubungan Sikap dan Tindakan dengan Tingkat Pemanfaatan Buku KIA oleh Ibu Balita di Wilayah Binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Tahun 2019

Lizsa, Heldo Nela (2019) Hubungan Sikap dan Tindakan dengan Tingkat Pemanfaatan Buku KIA oleh Ibu Balita di Wilayah Binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 cover.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
3. Bab 3 Penutup.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5 Tugas Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Buku KIA telah menjadi program nasional di Indonesia. Pemanfaatan Buku KIA dipengaruhi oleh faktor predisposisi seperti sikap dan tindakan. Pemanfaatan buku KIA oleh ibu dapat dilihat jika ibu membaca dan memahami pesan-pesan yang ada didalam buku, ibu membawa buku saat kunjungan ke kefasilitas kesehatan dan ibu menjaga buku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap dan tindakan ibu dengan tingkat pemanfaatan buku KIA. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel 235 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan metode wawancara. Data dianalisis secara univariat dan bivariat. Analisis bivariat menggunakan uji Chi-square dengan 95% CI (ɑ=0,05). Hasil Penelitian Penelitian ini menunjukkan lebih dari setengah ibu balita di wilayah binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas tidak memanfaatkan buku KIA (54,9%) dan tindakan ibu kurang (79,6%), kurang dari setengah ibu memiliki sikap kurang (48,9%), Hasil analisis bivariat diperoleh tidak ada hubungan yang bermakna antara sikap dengan pemanfaatan buku KIA (p=0,376). Tidak ada hubungan yang bermakna antara tindakan dengan pemanfaatan buku KIA (p=0,484). Kesimpulan Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang bermakna antara sikap dan tindakan dengan pemanfaatan buku KIA. Daftar Pustaka : 32 (2004 – 2018) Kata Kunci : Pemanfaatan buku KIA, sikap, tindakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Idral Purnakarya, SKM, MKM
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 16 Jan 2020 12:13
Last Modified: 16 Jan 2020 12:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55040

Actions (login required)

View Item View Item