Hubungan Tingkat Pemanfaatan Buku KIA dengan Perilaku Ibu Balita di Wilayah Binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Tahun 2019

Lestari, Suryaningsih (2019) Hubungan Tingkat Pemanfaatan Buku KIA dengan Perilaku Ibu Balita di Wilayah Binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 cover.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
3. BAB Akhir (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Tugas Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) merupakan alat promosi kesehatan bagi ibu dan harus dimanfaatkan sebagai sumber pengetahuan bagi ibu. Pemanfaatan buku KIA oleh ibu dapat dinilai dengan ibu membawa buku saat kunjungan ke kefasilitas kesehatan, membaca, memahami pesan, dan menerapkan pesan-pesan yang terdapat dalam buku KIA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan buku KIA dengan perilaku ibu. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel 305 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan wawancara. Data dianalisis secara univariat dan bivariat. Analisis bivariat menggunakan uji Chi-square dengan 95% CI (ɑ=0,05). Hasil Penelitian Lebih dari setengah ibu balita di wilayah binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas tidak memanfaatkan buku KIA (54,4%), tingkat pengetahuannya kurang (73,8%), sikapnya kurang (50,5%), tindakannya kurang 80%), dan perilaku kurang (60,3%). Hasil analisis bivariat diperoleh tidak ada hubungan yang bermakna antara pemanfaatan buku KIA dengan tingkat pengetahuan (p=0,291), sikap (p=0,397), tindakan (p=0,931) dan perilaku (p=0,275). Ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan perilaku (p=0,0001), sikap dengan perilaku (p=0,0001), dan tindakan dengan perilaku (p=0,0001). Kesimpulan Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang bermakna antara pemanfaatan buku KIA dengan tingkat pengetahuan, sikap, tindakan dan perilaku. Ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan perilaku, sikap dengan perilaku, dan tindakan dengan perilaku. Daftar Pustaka : 39 (2003 – 2018) Kata Kunci : Pemanfaatan buku KIA, tingkat pengetahuan, sikap, tindakan, perilaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Idral Purnakarya, SKM, MKM
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 16 Jan 2020 12:16
Last Modified: 16 Jan 2020 12:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55033

Actions (login required)

View Item View Item