Hubungan Tingkat Dukungan Kader dan Tokoh Masyarakat dengan Pemanfaatan Buku KIA oleh Ibu Balita Di Wilayah Binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Tahun 2019

RENI, AYU INDOKA (2019) Hubungan Tingkat Dukungan Kader dan Tokoh Masyarakat dengan Pemanfaatan Buku KIA oleh Ibu Balita Di Wilayah Binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak-dikonversi.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN-dikonversi.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI PENUTUP-dikonversi.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text Reni Ayu Indoka 1711226005.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, Desember 2019 RENI AYU INDOKA, 1711226005 HUBUNGAN TINGKAT DUKUNGAN KADER DAN TOKOH MASYARAKAT DENGAN PEMANFAATAN BUKU KIA OLEH IBU BALITA DI WILAYAH BINAAN FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT TAHUN 2019 ix + 57 halaman, 9 tabel, 2 gambar, 9 lampiran ABSTRAK Latar Belakang Buku KIA merupakan kumpulan materi standar penyuluhan yang digunakan untuk mengetahui adanya masalah kesehatan ibu dan anak. Peran kader berpengaruh terhadap pemanfaatan buku KIA meskipun masih terdapat peran yang belum dilaksanakan dengan maksimal dalam membantu pemanfaatan buku KIA. Selain kader kehadiran tokoh masyarakat juga memberikan pengaruh terhadap keberhasilan program posyandu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat dukungan kader dan tokoh masyarakat dengan pemanfaatan buku KIA oleh ibu balita di wilayah binaan Fakultas kesehatan masyarakat. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan jumlah sampel 332 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis menggunakan uji Chi-square dengan CI (Confidence Interval) 95%, dan (ɑ=0,05). Hasil Penelitian Hasil penelitian menunjukkan 49,4% ibu balita tidak memanfaatkan buku KIA, sebanyak 41,3% kader yang mempunyai tingkat dukungan yang kurang dan 26,8% tokoh masyarakat mempunyai dukungan yang kurang. Hasil analisis bivariat diperoleh hubungan yang bermakna antara tingkat dukungan kader dengan pemanfaatan buku KIA (p-value <0,05), dan nilai POR = 2,96, artinya tingkat dukungan kader yang baik 2,96 kali memberikan pengaruh pada pemanfaatan buku KIA yang dimanfaatkan daripada dukungan kader yang kurang. Ada hubungan yang bermakna antara tingkat dukungan tokoh masyarakat dengan pemanfaatan buku KIA (p-value <0,05), dan nilai POR = 4,58, artinya tingkat dukungan tokoh masyarakat yang baik 5,58 kali memberikan pengaruh pada pemanfaatan buku KIA yang dimanfaatkan daripada dukungan tokoh masyarakat yang kurang. Kesimpulan Kesimpulan dari penelitian ini adalah kurang dari setengah ibu balita yang tidak memanfaatkan buku KIA, tidak lebih dari separoh kader mempunyai tingkat dukungan yang baik dan hampir sepertiga tokoh masyarakat mempunyai dukungan yang rendah terhadap pemanfaatan buku KIA. Ada hubungan bermakna antara tingkat dukungan kader dengan pemanfaatan buku KIA. Ada hubungan bermakna antara tingkat dukungan tokoh masyarakat dengan pemanfaatan buku KIA. Ibu balita diharapkan dapat memanfaatkan buku KIA dengan baik. Daftar Pustaka : 56 (2002 – 2018) Kata Kunci : Pemanfaatan buku KIA. Tingkat dukungan kader. Dukungan tokoh masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Idral Purnakarya, SKM, MKM
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 16 Jan 2020 11:54
Last Modified: 16 Jan 2020 11:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55030

Actions (login required)

View Item View Item