PEMENUHAN HAK JAMINAN SOSIAL BAGI PENGEMUDI SEPEDA MOTOR BERBASIS APLIKASI (OJEK ONLINE) DI KOTA PADANG (STUDI KASUS PADA PT.GOJEK INDONESIA DI KOTA PADANG)

Meidina, Silmi Putri (2020) PEMENUHAN HAK JAMINAN SOSIAL BAGI PENGEMUDI SEPEDA MOTOR BERBASIS APLIKASI (OJEK ONLINE) DI KOTA PADANG (STUDI KASUS PADA PT.GOJEK INDONESIA DI KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak_Meidina.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Kespustakaan)
Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi_Meidina Silmi Putrii.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu cita-cita pendiri bangsa yaitu mewujudkan kesejahteran (rakyat) yang tertuang dalam alinea ke-empat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Selanjutnya, berdasarkan Pasal 28 H ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dikemukakan bahwa setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat. Jaminan sosial merupakan salah satu bentuk dari cara negara dalam hal mewujudkan kesejahteraan yang merupakan salah satu cita-cita pendiri bangsa tersebut. Hal ini tidak terkecuali ditujukan untuk pengemudi sepeda motor berbasis aplikasi (ojek online) dalam hal menghadapi perkembangan transportasi berbasis aplikasi yang semakin marak di Indonesia, tidak terkecuali di Kota Padang. Bentuk kepedulian pemerintah yaitu dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pelindungan Keselamatan ¬Pengguna Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat. Rumusan masalah yang akan diteliti adalah Pertama, Bagaimana pemenuhan hak jaminan sosial bagi pengemudi sepeda motor berbasis aplikasi (ojek online) pada PT. GO-JEK Indonesia Cabang Padang. Kedua, Apa kendala dalam hal pemenuhan hak jaminan sosial bagi pengemudi sepeda motor berbasis aplikasi (ojek online) pada PT. GO-JEK Indonesia Cabang Padang. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif yaitu menggambarkan kebijakan pemerintahan yang dikaitkan dengan pemenuhan aspek jaminan sosial bagi pengemudi sepeda motor berbasis aplikasi. Typologi penelitian ini adalah yuridis sosiologis yaitu suatu penelitian yang membandingkan fakta di lapangan dengan peraturan yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sudah adanya program GO-JEK Swadaya sebagai pemenuhan hak jaminan sosial terhadap driver, namun hal itu belum maksimal teralisasikan. Beberapa kendala yang ditemui adalah belum adanya aturan yang mewajibkan PT. GO-JEK Indonesia untuk mewajibkan driver mengikuti program swadaya, kurangnya sosialisasi dan minimnya kesadaran driver itu sendiri untuk mengikuti jaminan sosial tersebut. Untuk itu diperlukannya aturan yang jelas serta peran semua pihak dalam hal pemenuhan hak jaminan sosial terhadap driver ojek online. Kata Kunci : driver, GO-JEK, Jaminan Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: SYOFIARTI, S.H. M.Hum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 16 Jan 2020 11:15
Last Modified: 16 Jan 2020 11:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54949

Actions (login required)

View Item View Item