PENGARUH LOW IMPACT AEROBIC TERHADAP KADAR GULA DARAH SEWAKTU PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II DI PUSKESMAS ANDALAS TAHUN 2019

meri, yusnita (2020) PENGARUH LOW IMPACT AEROBIC TERHADAP KADAR GULA DARAH SEWAKTU PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II DI PUSKESMAS ANDALAS TAHUN 2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Text (cover dan Abstrack).pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text BAB I.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
Text BAB VII.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
news skripsi meri yusnita 1811316012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Prevalensi penyakit Diabetes mellitus tipe II mengalami peningkatan di dunia atau pun di Indonesia. Latihan fisik pada penderita DM tipe II memiliki peranan penting dalam mengontrol atau menurunkan kadar gula darah. Low impact aerobic merupakan latihan fisik atau senam aerobik yang dilakukan dengan intensitas aliran gerakan yang ringan atau lambat tanpa ada gerakan lompatan Berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas Andalas, latihan fisik telah dijalankan dalam cakupan kegiatan PROLANIS, namun dalam proses pelaksanaan belum memenuhi prinsip olahraga untuk penderita diabetes, dan didapatkan hasil pemeriksaan kadar gula darah penderita DM tipe II masih tidak terkontrol atau masih naik turun..Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh low impact aerobic yang merupakan salah satu latihan jasmani yang efektif menurunkan gula darah sewaktu pada penderita DM Tipe II di Puskesmas Andalas Kota Padang tahun 2019. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan Pre and Post Test without control group, jumlah sample 26 orang dan Uji Wilcoxon. Nilai tengah dari Pre Test sebesar 189.50 dan nilai tengah Post Test sebesar 158,50 sehingga didapatkan ada pengaruh yang signifikan low impact aerobic terhadap kadar gula darah pada penderita DM tipe II di Puskesmas Andalas Kota Padang (p=0,000). Supaya kadar gula darah pada penderita DM tipe II bisa dikontrol secara maksimal, maka disarankan pada pihak Puskesmas dapat menerapkan low impact aerobic ini pada penderita diabetes, serta menyesuaikan dengan prinsip olahraga yaitu F.I.T.T.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Murni S.Kep. M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 16 Jan 2020 11:46
Last Modified: 16 Jan 2020 11:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54928

Actions (login required)

View Item View Item