Korelasi Pengetahuan Tentang Anemia Dan Asupan Zat Besi, Seng Dengan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri Di SMAN 4 Sumatera Barat (Keberbakatan Olahraga) Tahun 2019

Irene, Putri Rahayu (2019) Korelasi Pengetahuan Tentang Anemia Dan Asupan Zat Besi, Seng Dengan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri Di SMAN 4 Sumatera Barat (Keberbakatan Olahraga) Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kadar Hemoglobin merupakan senyawa pembawa oksigen pada sel darah merah. Kadar hemoglobin seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lain yaitu usia jenis kelamin, penyakit sistemik dan pola makan. Asupan zat gizi berperan dalam pembentukan sel darah merah. Terganggunya sel darah merah bisa disebabkan makanan yang dikonsumsi kurang mengandung zat gizi penting seperti zat besi, seng,asam folat, protein, dan zat gizi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi pengetahuan tentang anemia dan asupan zat besi, seng dengan kadar hemoglobin pada remaja putri di SMAN 4 Sumatera Barat (Keberbakatan Olahraga) tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional dengan variabel dependen yaitu kadar hemoglobin dan variabel independen yaitu pengetahuan tentang anemia dan asupan zat besi dan asupan seng. Responden berjumlah 38 orang, yang diambil dengan teknik total sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan food recall 2x24 dan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Pearson Correlation dan uji Spearman Correlation. Hasil penelitian menunjukan rata-rata kadar hemoglobin responden 13,263 gr/dl, rata-rata pengetahuan tentang anemia 59,42, nilai tengah asupan zat besi 26,4 mg dan rata-rata asupan seng 16,442 mg. Sebagian besar responden asupan zat besi dan seng tidak sesuai anjuran AKG. Hasil uji Bivariat dari semua variabel pengetahuan tentang anemia, asupan zat besi dan seng tidak terdapat hubungan dengan kadar hemoglobin. Kesimpulan : Tidak terdapat korelasi antara pengetahuan tentang anemia dan asupan zat besi, asupan seng dengan kadar hemoglobin pada remaja putri di SMAN 4 Sumatera Barat (Keberbakatan Olahraga). Diharapkan kepada pihak sekolah dapat memberikan konseling dan penyuluhan terkait pentingnya pengetahuan tentang anemia dan asupan zat besi dan seng bagi tubuh untuk mencegah terjadinya anemia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Idral Purnakarya, SKM, MKM
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 15 Jan 2020 16:06
Last Modified: 15 Jan 2020 16:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54924

Actions (login required)

View Item View Item