HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN SKIZOFRENIA DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RSJ PROF. HB SAANIN PADANG TAHUN 2019

Yolanda, Putri Abdari (2020) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN SKIZOFRENIA DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RSJ PROF. HB SAANIN PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI YOLA FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pasien skizofrenia biasanya mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan diri sendiri dan lingkungannya sehingga berdampak pada kualitas hidup penderita. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas hidup adalah dukungan sosial yaitu orang-orang yang disekitarnya seperti keluarga, teman dan pasangan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kekuatan hubungan antara dukungan sosial dengan kualitas hidup pasien skizofrenia di Poliklinik RSJ Prof. HB Saanin Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain descriptive correlative dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 88 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi pasien skizofrenia rawat jalan yang kooperatif. Analisa data menggunakan uji korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan kualitas hidup (p=0,003). Hasil uji korelasi disimpulkan terdapat hubungan yang lemah dengan arah korelasi positif (r=0,318), semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi pula kualitas hidup pasien skizofrenia. Hasil penelitian ini memberi masukan bagi perawat dan instansi di RSJ Prof. HB Saanin Padang kepada keluarga untuk meningkatkan kualitas hidup pasien skizofrenia dengan memberikan pendidikan kesehatan tentang dukungan sosial dengan menciptakan kedekatan emosional agar optimalnya dukungan sosial yang dibutuhkan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Sarfika, S.Kep, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Kualitas hidup, skizofrenia, dukungan sosial
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 15 Jan 2020 11:28
Last Modified: 15 Jan 2020 11:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54842

Actions (login required)

View Item View Item