PENGARUH EDUKASI TOILET TRAINING DENGAN MEDIA BUKU INTERAKTIF (PEE A BOOK) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN IBU PADA ANAK USIA TOODLER DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AURDURI KOTA JAMBI TAHUN 2019

Devi, Eka Safitri (2019) PENGARUH EDUKASI TOILET TRAINING DENGAN MEDIA BUKU INTERAKTIF (PEE A BOOK) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN IBU PADA ANAK USIA TOODLER DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AURDURI KOTA JAMBI TAHUN 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak fik.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Latar belakang)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Kesimpulan dan saran)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TESIS FULL OK WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Infeksi saluran kemih yang kebanyakan terjadi pada anak usia Toddler dapat di cegah dengan melakukan toilet training yang diajarkan pada anak baik oleh ibu dan tenaga kesehatan dengan memberikan edukasi yang dapat merubah prilaku seseorang di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi toilet training terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan ibu pada anak usia toddler di wilayah kerja Puskesmas Aurduri kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia 18-36 bulan yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Aurduri Kota Jambi. Jumlah sampel dalam penelitian ini Sebanyak 82 sampel yang terdiri dari 41 intervensi dan 41 kontrol. Desain penelitian ini mengunakan quasy experiment dengan rancangan pre and post test with control Group dengan teknik pengambilan sampel dengan cara multi stage random sampling. Dengan mengunakan kuisioner dan lembar observasi. Hasil uji Man Whitney U menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap pengetahuan (nilai p = 0,000), sikap (p= 0,000), dan tindakan (p = 0,000). Pendidikan kesehatan ini sangat direkomendasikan untuk puskesmas khususnya bidang promosi kesehatan untuk mengadakan promosi kesehatan secara rutin dan terjadwal guna meningkatkan kemampuan ibu dalam melakukan toilet training pada anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Ns.Meri Neherta,S.kep,M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan, Pee a book, Pengetahuan, sikap, dan tindakan
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 14 Jan 2020 14:46
Last Modified: 14 Jan 2020 14:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54799

Actions (login required)

View Item View Item