PENGELOLAAN KONFLIK ANTARA PERUSAHAAN PERKEBUNAN DENGAN KOMUNITAS TERDAMPAK MENGGUNAKAN PENDEKATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY: STUDI KASUS PT ASAM JAWA

RAHMA, HAYATI HARAHAP (2020) PENGELOLAAN KONFLIK ANTARA PERUSAHAAN PERKEBUNAN DENGAN KOMUNITAS TERDAMPAK MENGGUNAKAN PENDEKATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY: STUDI KASUS PT ASAM JAWA. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT RAHMA HAYATI HARAHAP)
FULL TESIS RAHMA HAYATI HARAHAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu isu penting ekspansi perkebunan kelapa sawit di Indonesia adalah terjadinya konflik eskalatif yang masif antara perusahaan perkebunan dan komunitas yang terkena dampak. Penelitian ini membahas tentang pengelolaan konflik tersebut oleh sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Asam Jawa. Menggunakan teori Katup Penyelamat Lewis Coser, penelitian ini menyajikan hasil penelitian tentang dampak program CSR yang dilaksanakan oleh PT Asam Jawa terhadap dinamika konflik antara warga terdampak dengan perusahaan tersebut. Pertanyaan yang dijawab adalah apakah penerapan CSR dapat menjadi upaya alternatif untuk mengelola konflik, yang terjadi semenjak perusahaan mulai beroperasi, antara PT Asam Jawa dengan warga yang terkena dampak. Hasil penelitian menunjukkan walaupun PT Asam Jawa melaksanakan program CSR yang meluas, program CSR yang dijalankan oleh PT Asam Jawa tidak berfungsi sebagai katup penyelamat, karena warga yang berkonflik dengan perusahaan terkait dengan tanah yang digunakan oleh PT Asam Jawa dikecualikan oleh perusahaan sebagai penerima dana CSR.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Afrizal, MA
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: konflik kelapa sawit, pengelolaan konflik, tanggung jawab sosial perusahaan, katup penyelamat.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 14 Jan 2020 12:54
Last Modified: 14 Jan 2020 12:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54797

Actions (login required)

View Item View Item