PENGARUH PERMAINAN MONOBANI (MONOPOLI ANAK BERANI) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK LAKI-LAKI TENTANG PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DI SD 43 KECAMATAN KURANJI TAHUN 2019

Muhammad, Roni (2020) PENGARUH PERMAINAN MONOBANI (MONOPOLI ANAK BERANI) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK LAKI-LAKI TENTANG PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DI SD 43 KECAMATAN KURANJI TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1 cover+ABTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
6 bab 1.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 2)
12 bab 7.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 3)
13 dapus.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Roni Lengkap.doc.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kejadian kekerasan seksual pada anak laki-laki di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan anak laki-laki dianggap tidak beresiko mengalami kekerasan seksual, sehingga kurang mendapat pendidikan seksual. Pendidikan seksual penting diberikan sejak dini kepada anak dengan tujuan anak tahu dan mampu bersikap terhadap tindak kekerasan seksual. Pendidikan pada anak hendaknya diberikan dengan media yang menarik, seperti simulasi permainan yaitu monopoli. Monobani (Monopoli Anak Berani) merupakan permainan monopoli yang sudah dimodifikasi dengan materi pencegahan kekerasan seksual yang sesuai dengan anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan monobani terhadap pengetahuan dan sikap anak dalam pencegahan kekerasan seksual pada anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pendekatan one group pretest dan post test. Sampel penelitian ini adalah anak siswa kelas 3 dan 4 berumur (9-10) tahun yang berjumlah 24 anak. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan dari bulan Agustus – Januari 2020. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap. Hasil penelitian diperoleh selisih nilai tengah pengetahuan anak 2,5 dan sikap 3,0. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan seksual terhadap pengetahuan dan sikap siswa tentang pencegahan kekerasan seksual pada anak, p value=0,000 (p<0,05). Diharapkan kepada tenaga kesehatan dapat menjadikan monobani sebagai alternatif media pandidikan kesehatan pada anak usia sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S,Kep., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: anak SD, kekerasan seksual, pendidikan kesehatan, permainan monopoli
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 14 Jan 2020 15:16
Last Modified: 14 Jan 2020 15:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54742

Actions (login required)

View Item View Item