EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN SIMULASI TERHADAP PENGETAHUAN SIKAP DAN KETERAMPILAN MENGGOSOK GIGI PADA SISWA KELAS IV DAN V SDN 48 KURANJI KOTA PADANG TAHUN 2019

Nodi, Gusti Randa (2019) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN SIMULASI TERHADAP PENGETAHUAN SIKAP DAN KETERAMPILAN MENGGOSOK GIGI PADA SISWA KELAS IV DAN V SDN 48 KURANJI KOTA PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7 KESIMPULAN & SARAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah karies gigi menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Menggosok gigi yang baik dan benar hanya menunjukkan angka 2,8% di tahun 2018. Menggosok gigi merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya karies gigi untuk mengoptimalkan cara pencegahan perlu dilakukan pendidikan kesehatan dengan media audiovisual dan simulasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audiovisual dan simulasi terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan menggosok gigi pada siswa kelas IV dan V SDN 48 kuranji. Penelitian ini menggunakan desain Quasi experiment dengan pendekatan one group pretest-posttest with control group design. Teknik pengambilan sampel adalah Proporsional random sampling dengan jumlah sampel 48 orang, 24 orang kelompok intervensi dan 24 orang kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk pengetahuan dan sikap sedangkan keterampilan menggosok gigi dengan lembar checklist. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor pengetahuan dan sikap pada kelompok intervensi yaitu dengan selisih rerata pre test post test pengetahuan sebesar 1,792, sikap sebesar 1,292 dan keterampilan sebesar 2,735. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh media audiovisual dan simulasi terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan menggosok gigi pada siswa kelas IV dan V SDN 48 kuranji pada kelompok intervensi (p value<0,05). Diharapkan kepada instansi pendidikan dapat bekerja sama dengan pihak puskesmas agar dapat menghidupkan kembali peran UKGS serta mengontrol dan memelihara prilaku siswa siswi yang telah diajarkan teknik menggosok gigi yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Susmiati. M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Audiovisual, Simulasi, Pengetahuan, Sikap, Keterampilan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Jan 2020 10:52
Last Modified: 13 Jan 2020 10:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54638

Actions (login required)

View Item View Item