ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. R DENGAN ANSIETAS DAN MANAJEMEN KASUS : PENDIDIKAN KESEHATAN TEKNIK RELAKSASI NAPAS DALAM DAN HIPNOTIS LIMA JARI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN IBU HAMIL DI RW VIII KELURAHAN PARAK GADANG TIMUR KOTA PADANG

RIFKA, AULIA RAHMI (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. R DENGAN ANSIETAS DAN MANAJEMEN KASUS : PENDIDIKAN KESEHATAN TEKNIK RELAKSASI NAPAS DALAM DAN HIPNOTIS LIMA JARI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN IBU HAMIL DI RW VIII KELURAHAN PARAK GADANG TIMUR KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kehamilan merupakan periode perubahan, penyesuaian , tantangan dan titik balik dari kehidupan keluarga, serta sangat berpengaruh pada setiap aspek kehidupan perempuan. Dalam masa kehamilan terjadi banyak perubahan, baik secara fisik maupun psikologis. Data menunjukkan angka kejadian kecemasan di Indonesia mencapai 373.000.000. 28,7% diantaranya kecemasan terjadi pada ibu hamil (Depkes RI, 2008). Pada Ibu hamil ditemukan masalah kecemasan sehingga diperlukan asuhan keperawatan yang tepat untuk mengatasinya. Tujuan umum pada karya ilmiah akhir ini adalah mampu memberikan asuhan keperawatan jiwa secara menyeluruh terhadap pasien dengan ansietas dan mampu memberikan manajemen kasus kesehatan jiwa terhadap kelompok resiko. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 12 November – 30 November 2019 dan manajemen kasus kesehatan jiwa kelompok resiko dilakukan pada tanggal 25 November 2019. Hasil asuhan keperawatan terdapat penurunan tingkat kecemasan dari kecemasan sedang (skor 27) menjadi kecemasan ringan (skor 15). Pada penerapan manajemen kasus kesehatan jiwa kelompok resiko dengan pendidikan kesehatan mengontrol ansietas pada Ibu hamil dengan teknik napas dalam dan hipnotis lima jari, didapatkan hasil sebelumnya peserta tidak memahami cara mengatasi ansietas setelah diberikan pendidikan kesehatan, peserta mengetahui cara mengatasi ansietas dengan teknik yang di ajarkan. Di dapatkan hasil adanya penurunan kecemasan setelah diberikan penyuluhan tentang cara mengatasi kecemasan dengan teknik relaksasi. Disarankan kepada perawat CMHN agar dapat mengimplementasikan pengelolaan kasus kesehatan jiwa kelompok resiko dan melakukan kunjungan rumah untuk melakukan pembinaan yang berkelanjutan pada keluarga dengan masalah ansietas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Sarfika, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Kehamilan, ansietas, napas dalam, hipnotis lima jari
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Jan 2020 12:10
Last Modified: 13 Jan 2020 12:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54619

Actions (login required)

View Item View Item