ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN KANKER PAYUDARA STADIUM IV DENGAN PENERAPAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF-GUIDE IMAGERY DI IRNA BEDAH WANITA RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Tuti, Anggraini (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN KANKER PAYUDARA STADIUM IV DENGAN PENERAPAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF-GUIDE IMAGERY DI IRNA BEDAH WANITA RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER & ABSTRAK WATER MARK.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I WATER MARK.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V WATER MARK.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA WATER MARK.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img] Text (KTI FULL)
KIA FULLTEXT WATER MARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kanker payudara merupakan salah satu tumor ganas pada jaringan payudara dan menjadi salah satu penyakit serius di dunia yang mengancam jiwa. Sepertiga dari pasien kanker tahap lanjut menderita nyeri dengan tingkat sedang hingga berat, baik nyeri akut maupun kronis. Nyeri kronis yang persisten maupun intermitten merupakan percampuran yang komplek sehingga membutuhkan penatalaksanaan intervensi secara fisik maupun psikologis. Teknik kognitif-perilaku relaksasi otot progresif dan imajinasi terbimbing telah direkomendasikan sebagai terapi komplementer dalam memaksimalkan pengurangan nyeri pasien kanker. Tujuan dari laporan ini adalah memaparkan asuhan keperawatan pada pasien kanker payudara tahap lanjut dengan penerapan aplikasi relaksasi otot progresif dan imajinasi terbimbing sesuai EBN. Metode penulisan ini adalah studi kasus asuhan keperawatan dan penerapan EBN. Masalah keperawatan yang ditemukan pola napas tidak efektif, nyeri kronis, intoleransi aktivitas dan resiko infeksi. Masalah teratasi sesuai dengan indikator yang diharapkan dengan hari rawatan 12 hari dan intervensi 3 hari. Relaksasi otot progresif dan imajinasi terbimbing terbukti sebagai terapi komplementer yang dapat menurunkan nyeri pasien kanker dari skala Numeric Rating Scale (NRS) 6 menjadi 1. Disarankan kepada perawat agar menjadikan aplikasi ini sebagai terapi komplementer dalam menurunkan nyeri pasien kanker.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Leni Merdawati, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Kanker Payudara, Nyeri, Relaksasi Otot Progresif, Imajinasi Terbimbing
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 17 Jan 2020 11:27
Last Modified: 17 Jan 2020 11:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54602

Actions (login required)

View Item View Item