Asuhan Keperawatan Komunitas Tentang Pendidikan Kesehatan Menstruasi Menggunakan Metode Experiental Learning Untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Remaja Putri Terhadap Kesehatan Menstruasi di SMP Siti Khadijah Padang

Sandra, Merza Aranti (2019) Asuhan Keperawatan Komunitas Tentang Pendidikan Kesehatan Menstruasi Menggunakan Metode Experiental Learning Untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Remaja Putri Terhadap Kesehatan Menstruasi di SMP Siti Khadijah Padang. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menstruasi merupakan fenomena alami yang terjadi pada wanita dan biasanya terjadi pertamakali pada rentang usia remaja. Hanya sepertiga dari remaja putri yang mengetahui praktek manajemen kesehatan menstruasi. Salah satu permasalahan terkait menstruasi pada remaja putri adalah kurangnya pengetahuan terkait manajemen kesehatan menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kesehatan pada remaja putri di SMP Siti Khadijah dengan menggunakan metode experiental learning untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku remaja putri tentang kesehatan menstruasi. Setelah diberikan pendidikan kesehatan, terjadi peningkatakan pada pengetahuan (dari 40% menjadi 80%), sikap (dari 27% menjadi 80%) dan perilaku (dari 47% menjadi 87%). Maka dari itu, pendidikan kesehatan menggunakan metode experiental learning ini dapat digunakan untuk memberikan pendidikan kesehatan khususnya menstruasi oleh pelayanan kesehatan, maupun guru yang bertanggung jawab sebagai metode untuk meningkatkan pengetahua,sikap dan perilaku remaja putri terhadap kesehatan menstruasi.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: FITRA YENI, S.KP, MA
Uncontrolled Keywords: eksperiental learning, menstruasi, remaja putri
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Jan 2020 12:09
Last Modified: 13 Jan 2020 12:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54577

Actions (login required)

View Item View Item