Hubungan Pekerjaan dan Status Ekonomi Dengan Pemanfaatan Buku KIA Oleh Ibu Balita Di Wilayah Binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Tahun 2019

Aulia, Rahmi Putri (2019) Hubungan Pekerjaan dan Status Ekonomi Dengan Pemanfaatan Buku KIA Oleh Ibu Balita Di Wilayah Binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text Aulia Rahmi Putri (1511221012).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pentingnya penggunaan Buku KIA oleh ibu balita, karena dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perubahan perilaku ibu dan keuarga dalam bidang kesehatan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pekerjaan dan status ekonomi dengan pemanfaatan buku KIA oleh ibu balita di wilayah binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas tahun 2019. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain penelitian cross sectional. Pengambilan sampel menggunakn purposive sampling dengan jumlah sampel 139 orang. Data penelitian diambil melalui kuisioner dan form survei pengeluaran makanan. Analisis statistik dilakukan menggunakan chi-square dengan 95% CI (ά=0,05) dan uji confounding dengan menggunakan uji mantel-Haenszel. Berdasarkan hasil uji statistik didapatkan hasil penelitian bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pekerjaan dengan pemanfaatan buku KIA dengan nilai p-value 1,000. Status ekonomi diukur melalui pendapatan dan pengeluaran dimana, tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pendapatan dengan pemanfaatan buku KIA dengan nilai p-value 0,161 dan terdapat hubungan yang bermakna antara pengeluaran dengan pemanfaatan buku KIA dengan nilai p-value 0,039. Pengetahuan merupakan confounding antara hubungan pekerjaan dan status ekonomi dengan pemanfaatan buk KIA dimana POR yaitu, 25,2%, 38,6%, dan 29,54%.Sikap merupakan confounding antara tingkat pendapatan dengan pemanfaatan buku KIA dimana POR yaitu 11,81%. Pekerjaan dan pendapatan tidak berhubungan dengan pemanfaatan buku KIA. Pengeluaran berhubungan dengan pemanfaatan buku KIA. Pengetahuan merupakan confounding antara pekerjaan dan status ekonomi (pendapatan dan pengeluaran) dengan pemanfaatan buku KIA. Sikap merupakan confounding antara pendapatan dengan pemanfaatan buku KIA. Ibu diharapkan dapat menggunakan buku KIA dengan maksimal agar dapat meningkatkan kesehatan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 11 Jan 2020 12:42
Last Modified: 11 Jan 2020 12:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54555

Actions (login required)

View Item View Item