Hubungan Depresi Dengan Kualitas Hidup Pada Pasien Infark Miokard Di Poliklinik Jantung RSUP DR. M. Djamil Padang Tahun 2019

T, Rahmadani (2019) Hubungan Depresi Dengan Kualitas Hidup Pada Pasien Infark Miokard Di Poliklinik Jantung RSUP DR. M. Djamil Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Berbagai keluhan yang dialami pasien pasca infark miokard dapat menyebabkan stress dan bahkan depresi, terjadinya depresi dapat menurunkan kualitas hidupnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan depresi dengan kualitas hidup pada pasien infark miokard di Poliklinik Jantung RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien pasca infark miokard 3 bulan sampai 2 tahun dengan jumlah sampel 53 yang diambil dengan teknik porposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Beck Depresion Inventory II (BDI-II) dan kuesioner WHOQOL-BREF dan Seatle Angina Quesionaire (SAQ). Analisa secara univariat ditampilkan dengan tabel distribusi frekuensi dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini didapatkan sebanyak 47.2 % mengalami depresi dan lebih dari separuh responden mempunyai kualitas hidup yang rendah sebanyak 64.2% (WHOQOL-BREF) dan 58.5 % (SAQ), terdapat hubungan yang signifikan antara depresi dengan kualitas hidup p (0,05) untuk kedua instrument tersebut. Oleh karena itu diharapkan adanya pendidikan kesehatan untuk pencegahan depresi dan managemen penanganan terjadinya depresi sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani, S. Kp., MN
Uncontrolled Keywords: Infark Miokard, Kualitas Hidup, Depresi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 Jan 2020 11:06
Last Modified: 11 Jan 2020 11:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54540

Actions (login required)

View Item View Item