ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA TN. S DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR MELALUI PENERAPAN TERAPI RELAKSASI OTOT PROGRESIF DI KELURAHAN SURAU GADANG NANGGALO PADANG TAHUN 2019

Rahmi, Wulan Dari (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA TN. S DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR MELALUI PENERAPAN TERAPI RELAKSASI OTOT PROGRESIF DI KELURAHAN SURAU GADANG NANGGALO PADANG TAHUN 2019. Other thesis, Iniversitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB Akhir (penutup atau kesimpulan).pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_5.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img] Text (kti full)
kti full text fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lanjut usia (lansia) merupakan periode akhir dalam kehidupan manusia dimana seseorang mulai mengalami perubahan dalam hidupnya yang ditandai adanya perubahan fisiologis, psikologis dan sosial. Salah satu masalah fisiologis yang sering terjadi pada lansia adalah insomnia, yaitu suatu keadaan yang menyebabkan individu tidak mampu mendapatkan dan mempertahankan tidur yang adekuat. Pada lansia kelolaan didapatkan masalah yaitu gangguan pola tidur sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan komprehensif. Terapi relaksasi otot progresif merupakan salah satu cara untuk mengatasi gangguan tidur. Tujuan dari laporan ilmiah ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan yang komprehensif terhadap lansia dengan masalah insomnia (gangguan pola tidur), dengan menggunakan metode studi kasus dan memberikan asuhan keperawatan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penambahan pengetahuan keluarga tentang perawatan gangguan pola tidur serta bertambahnya kualitas tidur lansia dibuktikan dengan peningkatan hasil PSQI dari 13 ke 10. Diharapkan kepada Pembina wilayah puskesmas untuk meningkatkan posyandu lansia, dan mengadakan kegiatan senam lansia serta pemeriksaan kesehatan pada lansia.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri, S.Kp.M.Kes. Ns. Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: lansia, gangguan pola tidur, relaksasi otot progresif
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Jan 2020 12:13
Last Modified: 10 Jan 2020 12:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54469

Actions (login required)

View Item View Item