ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS TENTANG PENDIDIKAN KESEHATAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN LEAFLET SEBAGAI UPAYA DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA REMAJA PUTRI DI SMP SITI KHADIJAH PADANG TAHUN 2019

Suci, Meilisya (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS TENTANG PENDIDIKAN KESEHATAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN LEAFLET SEBAGAI UPAYA DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA REMAJA PUTRI DI SMP SITI KHADIJAH PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER+ABSTRAK)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL)
KIA SUCI MEILISYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kanker payudara dikenal sebagai salah satu penyakit tidak menular yang paling banyak menyebabkan kematian dikalangan wanita termasuk remaja putri. Deteksi dini kanker payudara merupakan upaya yang harus dilakukan agar kanker payudara tidak lambat ditangani salah satu caranya dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Salah satu faktor yang menyebabkan wanita atau remaja tidak melakukan SADARI adalah kurangnya pengetahuan. Penelitian ini memberikan pendidikan kesehatan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dengan menggunakan media audiovisual dan leaflet sebagai upaya deteksi dini kanker payudara. Pendidikan kesehatan dilakukan pada remaja putri SMP Siti Khadijah yang diikuti oleh 31 orang. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap pada remaja putri yang di evaluasi menggunakan kuesioner pretest dan postest. Pengetahuan meningkat dari 29% siswa yang memiliki pengetahuan baik pada pre-test menjadi 80,6% pada post-test. Sedangkan pada sikap meningkat dari 38,7% siswa yang memiliki sikap positif pada pre-test menjadi 83,9% pada post-test. Saran dari karya ilmiah ini terhadap bidang keperawatan dan pelayanan kesehatan di Puskesmas agar dapat memberikan pendidikan kesehatan menggunakan media audiovisual dan leaflet sebagai upaya deteksi dini kanker payudara pada remaja putri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Agus Sri Banowo,S.Kp.,MPH
Uncontrolled Keywords: audiovisual, leaflet, pengetahuan, SADARI, sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Jan 2020 14:28
Last Modified: 10 Jan 2020 14:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54464

Actions (login required)

View Item View Item