ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY.R DENGAN GANGGUAN OSTEOATHRITIS MELALUI LATIHAN GERAK SENDI LUTUT TERHADAP NYERI DI RW VI KELURAHAN SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO TAHUN 2019

Zilla, Hanifia (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY.R DENGAN GANGGUAN OSTEOATHRITIS MELALUI LATIHAN GERAK SENDI LUTUT TERHADAP NYERI DI RW VI KELURAHAN SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO TAHUN 2019. Other thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB Akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penuaan adalah proses alamiah yang akan dialami oleh semua manusia yang ditandai dengan penurunan kapasitas dan fungsi jaringan tubuh. Perubahan terjadi pada semua sistem dalam tubuh salah satunya sistem muskuloskeletal, Salah satu penyakit pada sistem musculoskeletal yang sering ditemukan pada lansia adalah osteoarthritis. Osteoarthritis (OA) adalah salah satu penyakit kronis yang paling umum terjadi dan penyebab utama dari rasa nyeri dan cacat yang menurunkan status kesehatan. Nyeri lutut merupakan gejala dari osteathritis. Pada Lansia kelolaan didapatkan masalah yaitu ketidakefektifan manajemen kesehatan keluarga sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan komprehensif. Latihan gerak sendi lutut merupakan salah satu gerakan yang dapat mengurangi nyeri pada lansia dan merigankan rasa berat pada lutut. Tujuan dari pelaksanaan ini yaitu dapat memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan komprhensif terhadap lansia dengan masalah nyeri dengan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penurunan tingkat nyeri pada lansia dan mengurangi rasa berat pada lutut lansia dibuktikan dengan penurunan skala Numeric Rating Scale dari skala 5 ke 2 . Diharapkan kepada wilayah puskesmas untuk lebih meningkatkan kegiatan pada posyandu lansia seperti mengadakan latihan fisik pada lansia.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih,S.Kp M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Lansia, Nyeri, Latihan Gerak Sendi Lutut
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Jan 2020 12:15
Last Modified: 10 Jan 2020 12:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54460

Actions (login required)

View Item View Item