Asuhan Keperawatan Komunitas Peer Bullying Education dalam Upaya Pencegahan dan Pengurangan Perilaku Bullying pada Siswa Kelas VII di SMP Siti Khadijah Padang.

Riantika, Ervina (2020) Asuhan Keperawatan Komunitas Peer Bullying Education dalam Upaya Pencegahan dan Pengurangan Perilaku Bullying pada Siswa Kelas VII di SMP Siti Khadijah Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img] Text (KIA full text)
KIA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fenomena perilaku bullying pada remaja ibarat gunung es yang nampaknya kecil di permukaan, namun menyimpan banyak permasalahan. Perilaku bullying dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental pada remaja baik bagi korban maupun pelaku. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya perilaku bullying adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan seperti peer bullying education. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan pelaksanaan asuhan keperawatan peer bullying education pada siswa kelas VII di SMP Siti Khadijah Padang dalam upaya pencegahan dan pengurangan perilaku bullying. Pemberian asuhan keperawatan dilaksanakan pada tanggal 04-30 November 2019. Siswa yang diberikan implementasi adalah siswa kelas VII sebanyak 7 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner, wawancara dan observasi. Hasil kuisioner post-test menunjukkan peningkatan pengetahuan dan sikap siswa terkait perilaku bullying setelah diberikan implementasi. Pengetahuan meningkat dari 29% siswa yang memiliki pengetahuan baik pada pre-test menjadi 57% pada post-test. Sedangkan pada sikap meningkat dari 14% siswa yang memiliki sikap positif pada pre-test menjadi 43% pada post-test. Oleh karena itu, disarankan kepada pihak sekolah untuk melakukan pengawasan dan melanjutkan dalam pemberian edukasi terkait perilaku bullying oleh tenaga pendidik dan bekerja sama dengan dinas terkait seperti puskesmas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Yonrizal Nurdin, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Remaja, Perilaku Bullying, Peer Bullying Education
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Jan 2020 12:10
Last Modified: 10 Jan 2020 12:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54424

Actions (login required)

View Item View Item