ASUHAN KEPERAWATAN NY. R DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN LANSIA DAN MANAJEMEN LAYANAN KEMITRAAN LINTAS SEKTOR: TERAPI SPIRITUAL PADA LANSIA

Tiara, Yalita (2019) ASUHAN KEPERAWATAN NY. R DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN LANSIA DAN MANAJEMEN LAYANAN KEMITRAAN LINTAS SEKTOR: TERAPI SPIRITUAL PADA LANSIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img] Text (Karya Ilmiah Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sebanyak 9,27% populasi di Indonesia merupakan lansia yang telah mengalami beberapa penurunan di berbagai aspek perkembangan seperti biologis, kognitif, psikologis, sosial, dan spiritual. Penelitian juga menunjukkan bahwa kelompok usia lanjut sangat memerlukan pemenuhan kebutuhan spiritual sebagai salah satu upaya menyiapkan hari akhir hidupnya dan meningkatkan kesejahteraan dari berbagai aspek di hidupnya. Karya ilmiah ini bertujuan memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif pada klien dengan memberikan terapi spiritual dengan melakukan pendekatan CMHN di RW VIII Kelurahan Parak Gadang Timur. Pelayanan asuhan keperawatan dilaksanakan tanggal 4-30 November 2019, kegiatan terapi spiritual dilaksanakan tanggal 22 November 2019 dengan 18 orang lansia yang hadir. Evaluasi akhir dari asuhan keperawatan kepada klien menggunakan kuesioner pengetahuan aspek spiritual lansia dan Spirituality Orientation Inventery (SOI) dan hasilnya didapatkan peningkatan pengetahuan aspek spiritual dengan hasil adanya peningkatan skor pengetahuan pada lansia dengan hasil rata-rata pretest 0,72 dan postest 2,27, didapatkan selisih rerata pretest-postest sebesar 1,5556 dan hasil menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna pada pengetahuan aspek spiritual lansia sebelum dan sesudah penyuluhan (p<0,05). Disarankan kepada peneliti maupun pelayanan kesehatan untuk lebih meningkatkan pemberian pengetahuan dan stimulasi pada aspek psikologis dengan pemberian terapi masase wajah dan kognitf dengan terapi senam otak lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Eka Putri, M.Kep.Sp.KepJ
Uncontrolled Keywords: Lansia, CMHN, Stimulasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Jan 2020 12:11
Last Modified: 10 Jan 2020 12:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54349

Actions (login required)

View Item View Item