ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN FRAKTUR COLUM FEMUR POST SKELETAL TRAKSI DAN APLIKASI PIJAT VIRGIN COCONUT OIL SEBAGAI PENCEGAHAN DEKUBITUS DI RUANG TRAUMA CENTER RSUP M.DJAMIL

YULINAR, AGUSTINA (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN FRAKTUR COLUM FEMUR POST SKELETAL TRAKSI DAN APLIKASI PIJAT VIRGIN COCONUT OIL SEBAGAI PENCEGAHAN DEKUBITUS DI RUANG TRAUMA CENTER RSUP M.DJAMIL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penanganan fraktur collum femur perlu tindakan reposisi kembali dengan pemasangan traksi. Dampak dari pemasangan traksi ialah bedrest dalam waktu yang lama yang dapat memicu terjadinya luka tekan (dekubitus). Adapun pencegahan dan perawatan yang dapat dilakukan ialah dengan terapi pemberian pijat dengan virgin coconut oil berdasarkan Evidence Based Nursing (EBN). Terapi pijat dengan virgin coconut oil dapat mencegah dan menyembuhkan luka tekan. Tujuan dari laporan ini adalah untuk membahas asuhan keperawatan yang komprehensif pada pasien fraktur collum femur dengan penerapan EBN yaitu terapi pijat dengan virgin coconut oil pada pasien fraktur. Penerapan terapi pijat dengan virgin coconut oil dilakukan setiap hari sebanyak dua kali dalam sehari di area skapula, sacrum dan tumit dengan durasi selama + 15 menit. Metode penulisan pada laporan ini adalah studi kasus pelaksanaan asuhan keperawatan dan penerapan EBN. Diagnosa utama yang diangkat pada kasus ini adalah kerusakan integritas kulit. Setelah dilakukan terapi pijat dengan virgin coconut oil selama 10 hari, didapatkan hasil adanya penyembuhan dan pencegahan terjadinya luka tekan. Disarankan agar perawat dapat menerapkan terapi pijat dengan virgin coconut oil dalam mencegah luka tekan pada pasien fraktur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: RENI PRIMA GUSTY, S.KP., M.KES
Uncontrolled Keywords: Fraktur Colum Femur, Luka Trkan, Virgin Coconut Oil (VCO)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Jan 2020 11:51
Last Modified: 13 Jan 2020 11:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54342

Actions (login required)

View Item View Item