ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN CARSINOMA RECTI DENGAN PENERAPAN TERAPI GUIDED IMAGERY DI IRNA BEDAH PRIA DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Mistati, Novitasari (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN CARSINOMA RECTI DENGAN PENERAPAN TERAPI GUIDED IMAGERY DI IRNA BEDAH PRIA DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I LATAR BELAKANG)
BAB I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img] Text (Karya Ilmiah Akhir Lengkap)
KIA_LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Carsinoma recti merupakan bentuk keganasan atau pertumbuhan sel abnormal pada rektum yang paling sering terjadi pada sistem saluran cerna. Masalah yang sering dialami pada pasien kanker yaitu adanya rasa ketidaknyamanan seperti rasa nyeri yang berasal dari penekanan sel kanker ataupun dari tindakan pembedahan. Nyeri pada pasien kanker merupakan pengalaman sensori yang tidak menyenangkan yang dapat berdampak pada fisik, psikologis, sosial, dan spiritual. Oleh karena itu manajemen nyeri sangat penting sebelum dan setelah operasi. Tujuan penulisan ini untuk memaparkan asuhan keperawatan pada pasien carsinoma recti dengan penerapan teknik relaksasi guided imagery sebagai evidence based nursing practice di ruang Bedah Pria RSUP Dr. M. Djamil Padang. Metode penulisan adalah studi kasus pelaksanaan asuhan keperawatan dan penerapan EBN. Intervensi dilakukan selama 4 hari, guided imagery mulai diberikan sebelum operasi, kemudian dilanjutkan pada hari pertama hingga hari ketiga setelah operasi. Hasil pelaksanaan didapatkan penurunan skala nyeri dari 7 menjadi 3 pada kelompok intervensi, sedangkan pada kelompok kontrol menurun dari skala 7 menjadi 5. Disarankan kepada perawat menerapkan guided imagery sebagai salah satu intervensi keperawatan dalam manajemen nyeri non farmakologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Karsinoma rekti, ca recti, guided imagery
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Jan 2020 14:25
Last Modified: 10 Jan 2020 14:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54340

Actions (login required)

View Item View Item