INDUKSI EKSPRESI DENGAN ION LOGAM Mg2+, Cu2+,DAN IPTG SERTA AKTIVITAS KITINOLITIK GEN KITINASE PUTATIF (Chi_Put) ASAL BAKTERI Serratia plymuthicaUBCF_13/-R_36

Rohinda, Situmorang (2019) INDUKSI EKSPRESI DENGAN ION LOGAM Mg2+, Cu2+,DAN IPTG SERTA AKTIVITAS KITINOLITIK GEN KITINASE PUTATIF (Chi_Put) ASAL BAKTERI Serratia plymuthicaUBCF_13/-R_36. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB V (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyakit yang paling dominan menyebabkan rendahnya produksi cabai di Indonesia adalah antraknosa. Penyakit antraknosa disebabkan oleh cendawan Colletotrichum sp. Pengendalian penyakit antraknosa dapat dilakukan dengan penggunaan biofungisida yang dapat dikembangkan dari golongan enzim pendegradasi dinding sel jamur patogen. Enzim-enzim ini dikenal sebagai enzim hidrolase, salah satunya adalah kitinase. Kitinase adalah enzim yang mengkatalisis pemecahan senyawa polimer kitin pada ikatan glikosida β-1,4. Kitin adalah senyawa polimer yang menyusun dinding sel jamur. Bakteri kitinolitik mampu menghasilkan enzim kitinase. Bakteri S. plymuthica menghasilkan enzim kitinase yang salah satunya adalah kitinase putatif (Chi_Put). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengekspresikan gen Chi_Put dari S. plymuthica UBCF_13/-R_36 di dalam pGEM-T Easy vector menggunakan host Escherichia coli BL21 dan untuk menguji aktivitas kitinolitikChi_Put dalam mendegradasi kitin secara in-vitro. Ekspresi gen Chi_Putdiinduksi dengan IPTG dan kombinasi dengan ion logam Mg2+ dan Cu2+. Ekspresi gen tertinggi ditandai dengan pita protein paling tebal pada hasil visualisasi SDS-PAGE dengan berat molekul 47 kDa, yaitu pada perlakuan induksi ekspresi dengan IPTG ditambah ion logam Mg2+. Aktivitas kitinolitik dari Chi_PutUBCF_13/-R_36 diuji menggunakan media LB padat yang mengandung 3% koloidal kitin. Diameter zona bening terpanjang pada hari terakhir pengamatan adalah perlakuan induksi ekspresi dengan Mg2+ dengan panjang 2,90 cm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Jamsari, Ir, MP, Dr, Sc. agr. Prof.
Uncontrolled Keywords: Chi_Put, ekspresi gen, ion logam, Serratia plymuthica UBCF_13/-R_36, zona bening
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 10 Jan 2020 15:17
Last Modified: 10 Jan 2020 15:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54333

Actions (login required)

View Item View Item