REFUSAL STRATEGIES IN ENGLISH AS ACQUIRED BY FOURTH-YEAR STUDENTS OF INTERNATIONAL ACCOUNTING DEPARTMENT OF ANDALAS UNIVERSITY IN 2019

Gita, Lestari (2019) REFUSAL STRATEGIES IN ENGLISH AS ACQUIRED BY FOURTH-YEAR STUDENTS OF INTERNATIONAL ACCOUNTING DEPARTMENT OF ANDALAS UNIVERSITY IN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas bentuk dan strategi penolakan dalam bahasa Inggris yang digunakan oleh mahasiswa tahun ke empat Jurusan Akutansi Internasional di Universitas Andalas. Studi ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi bentuk dan strategi penolakan yang dipengaruhi faktor sosial seperti tingkat kekuasaan, keakraban, dan imposisi dalam tindakan penolakan. Sebanyak 23 mahasiswa Akutansi Internasional tahun ke empat di Universitas Andalas bersedia untuk menjadi responden pada penelitian ini. Studi ini menggunakan DCT (Discourse Completion Test) sebagai instrumen pengumpulan data di mana peserta diberi 12 situasi dalam bentuk tertulis yang berkaitan dengan aktitifitas seorang mahasiswa. Setiap situasi dirancang berdasarkan faktor sosial yang berbeda seperti tingkat kekuasaan, keakraban, dan juga imposisi. Kemudian, peserta menjawab situasi tersebut dengan kalimat penolakan. Peneliti menemukan bahwa responden menggunakan tiga bagian dari urutan penolakan dalam menolak sesuatu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden menggunakan bentuk penyesalan (‘Regret’ form) sebagai prapenolakan (Pre-refusal), bentuk alasan (‘Reason’ form) sebagai penolakan utama (Head acts), dan bentuk penjelasan (‘Explanation’ form) sebagai pascapenolakan (Post-refusal). Berdasarkan penjelasan bentuk penolakan di atas menunjukkan bahwa responden cenderung menggunakan strategi tidak langsung (Indirect strategy) yang muncul sebanyak 183 kali. Selain itu, responden menggunakan strategi tidak langsung tersebut kepada semua orang, terlepas dari tingkat kekuasannya, keakrabannya, dan juga imposisinya yang bertujuan untuk menunjukkan kesopanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hanafi, S.S., M.App.Ling., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Penolakan dalam Bahasa Inggris, Strategi Penolakan, Faktor Sosial, Interlanguage Pragmatics
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 09 Jan 2020 14:54
Last Modified: 09 Jan 2020 14:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54321

Actions (login required)

View Item View Item