Tinjauan Persepsi Penumpang Terhadap Kinerja layanan Operasional Dan Keselamatan Bus Rapid Transit-Trans Siginjai Jambi Tahun 2019

Ade, Marnilawati (2019) Tinjauan Persepsi Penumpang Terhadap Kinerja layanan Operasional Dan Keselamatan Bus Rapid Transit-Trans Siginjai Jambi Tahun 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 ( Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 (Penutup))
3. BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bus Rapid Transit (BRT) adalah satu bentuk angkutan berorientasi pelanggan dan mengkombinasikan stasiun kendaraan dan perencanaan dalam sebuah sistem yang terpadu dan memiliki identitas yang unik. BRT-Trans Siginjai Jambi (BRT-TSJ) adalah salah satu angkutan massal BRT di Kota Jambi yang mulai beroperasi pada 14 Desember 2017. Peningkatan jumlah penduduk yang terjadi berpengaruh terhadap kebutuhan bertransportasi di Kota Jambi. Terdapat beberapa permasalahan layanan yang menjadi keluhan penumpang BRT-TSJ diantaranya durasi waktu kedatangan dan keberangkatan BRT-TSJ yang lama melebihi 30 menit, rute perjalanan yang masih sedikit, jadwal operasional BRT-TSJ yang masih terbatas yaitu beroperasi dari jam 06.00 WIB sampai 17.30 WIB dan hanya lima unit armada yang baru beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai kinerja layanan operasional dan keselamatan BRT Trans Siginjai Jambi dan mengetahui kinerja layanan operasional dan keselamatan BRT-TSJ dengan acuan PERMENHUB No.29 Tahun 2015. Data primer yang dikumpulkan adalah data karakteriktik penumpang, pertimbangan layanan angkutan massal, dan tingkat kepuasan pelanggan dengan penyebaran kuesioner dan survey inventory BRT-TSJ. Data sekunder berupa, data jumlah penumpang BRT-TSJ yang bersumber dari Dinas Perhubungan Provinsi Jambi. Metoda pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan statistik inferensial uji chi-kuadrat, Importance Performance Analysis (IPA). Pengelompokan tingkat kepuasan memakai skala likert empat skala yaitu sangat tidak baik, tidak baik, baik , dan sangat baik. Hasil yang diperoleh dari penelitian, 75% responden menjawab puas dan 25 % responden menjawab sangat puas dari layanan operasional dan keselamatan BRT-TSJ. Dari tujuh karakteristik yang ditinjau berdasarkan uji chi-kuadrat tidak ada perbedaan jawaban yang signifikan terkait kinerja layanan BRT-TSJ pada masing-masing karakteristik. Berdasarkan acuan/peraturan yang digunakan, dari sembilan atribut yang ditinjau ada satu atribut (keharusan menempatkan papan kartu identitas nama pengemudi, nomor induk pengemudi dan nama perusahaan diruang pengemudi) yang belum dipenuhi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Yossyafra, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan , Bus Rapid Transit (BRT), Importance performance analysis (IPA)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 09 Jan 2020 13:57
Last Modified: 09 Jan 2020 13:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54305

Actions (login required)

View Item View Item