GADIH GADANG ALUN BALAKI Studi terhadap Perempuan Bertatus Belum Menikah di Nagari Padang Laweh Malalo,Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar

Fauzana, Amin (2019) GADIH GADANG ALUN BALAKI Studi terhadap Perempuan Bertatus Belum Menikah di Nagari Padang Laweh Malalo,Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Absrak)
COVER and ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I ANA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL OKE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)

Abstract

FAUZANA AMIN, 1510812001. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Judul Skripsi: Gadih Gadang Alun Balaki Studi terhadap Perempuan Berstatus Belum Menikah di Nagari Padang Laweh Malalo Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar. Pemimbing I, Dr. Jendrius, M.Si dan Pembimbing II, Dr. Alfan Miko, M.Si Skipsi ini membahas tentang fenomena gadih gadang alun balaki. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi bentuk-bentuk perlakuan yang diterima gadih gadang alun balaki dari lingkungan masyarakat. 2) Mengidentifikasi tanggapan gadih gadang alun balaki terhadap bentuk-bentuk perlakuan dari lingkungan masyarakat. 3) Memahami makna label gadih gadang alun balaki dari sudut pandang aktor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori cermin diri dari Charles Horton Cooley. Sementara pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini secara purposive sampling. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadih gadang alun balaki menerima perlakuan-perlakuan dari masyarakat yaitu (1) menjadi bahan pergunjingan, (2) pemberian label negatif. Sementara tanggapan gadih gadang alun balaki terhadap perlakuan dari lingkungan masyarakat yaitu (1) memberikan penjelasan, (2) menarik diri, (3) bersikap tidak acuh. Selanjutnya makna label gadih gadang alun balaki yaitu (1) Sebagian informan merasa terganggu, (2) Sebagian informan lainnya merasa biasa saja, (3) Beberapa informan lainnya mencoba merasionalisasikan kondisi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Jendrius, M.Si
Uncontrolled Keywords: gadih gadang alun balaki, makna, konsep diri.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 09 Jan 2020 11:48
Last Modified: 09 Jan 2020 11:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54259

Actions (login required)

View Item View Item