KOMUNIKASI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM PENGURANGAN RESIKO BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI KOTA PADANG (Studi Deskriptif Komunikasi Interpersonal pada Tahap Prabencana)

Atika, Atika (2019) KOMUNIKASI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM PENGURANGAN RESIKO BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI KOTA PADANG (Studi Deskriptif Komunikasi Interpersonal pada Tahap Prabencana). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi Full ATIKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah salah satu bentuk komunikasi yang dipergunakan oleh suatu instansi untuk mempertahankan tujuan dan fungsi dari instansi. BPBD Kota Padang sebagai salah satu leading sector penyelenggara penanggulangan bencana dalam kegiatannya menggunakan komunikasi interpersonal sebagai cara untuk mewujudkan dilaksanakannya program-program pengurangan resiko bencana guna peningkatan kapasitas masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses, hambatan dan model komunikasi interpersonal BPBD Kota Padang dalam pengurangan resiko bencana gempa bumi dan tsunami untuk peningkatan kualitas masyarakat terutama pada daerah zona merah dengan menggunakan teori Interaksi Simbolik oleh George Herbert Mead. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Subjek dari penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai dan mengobservasi BPBD Kota Padang dan masyarakat yang sudah mendapatkan sosialisasi mitigasi bencana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BPBD Kota Padang dalam pengurangan resiko bencana melakukan upaya mitigasi struktural dalam bentuk bangunan dan non struktural dalam mewujudkan masyarakat cerdas bencana. BPBD Kota Padang menjalankan kegiatan keluarga cerdas bencana bertujuan mewujudkan masyarakat yang cerdas dalam mitigasi. Dalam kegiatan tersebut menggunakan komunikasi interpersonal secara langsung. Hambatan yang terjadi selama kegiatan yaitu masih rendahnya kesadaran tanggap dalam mitigasi bencana dan berbedanya jenjang pendidikan masyarakat sehingga sulit untuk lebih terbuka akan hal yang baru. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, BPBD, Mitigas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Mitigasi, BPBD
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 05 Nov 2019 16:49
Last Modified: 05 Nov 2019 16:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53698

Actions (login required)

View Item View Item