SHANIA, NOVITA (2019) KOMUNIKASI PERSUASIF DUTA GENRE DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE) PADA REMAJA KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 (Pendahulun))
2. BAB 1.pdf - Published Version Download (357kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (214kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
5. Skripsi full fix.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Masa remaja sangat rentan Terhadap Triad KRR, yakni tiga resiko yang dialami para remaja seperti narkoba, seks bebas, dan pernikahan dini. Upaya dalam memberantas hal itu telah dilakuakn oleh banyak pihak termasuk BKKBN dengan menciptakan seorang Duta GenRe yang akan mensosialisasikan sebuah program khusus bagi para remaja dalam mengajak remaja tersebut menjadi remaja yang berencana melalui Program Generasi Berencana (GenRe). Disisni Duta GenRe akan mengajak para remaja untuk dapat menjadi remaja yang berkualitas dan dapat merencanakan kehidupan di masa kini hingga masa mendatang. Ajakan ini menggunakan komunikasi persuasif yang merupakan sebuah usaha secara cermat dari seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi keyakinan, sikap, dan perilaku orang lain atau kelompok lain pada arah tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses komunikasi persuasif Duta GenRe Kota Padang dan untuk mengetahui hambatan dalam proses komunikasinya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan Duta GenRe dan pihak-pihak yang membawahi Duta GenRe, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah para kepala bidang atau karyawan BKKBN yang tergabung dalam bidang Bina Ketahanan Remaja (BKR) dan Duta GenRe Kota Padang. Komunikasi Duta GenRe ini kemudian dideskripsikan melalui Information-Intergration Theory yang mempunyai dua komponen yakni tujuan/valensi dan bobot penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan dengan membawakan diri Duta GenRe sendiri sebagai orang yang dapat dicontoh karena sudah menerapkan bagaimana menjadi remaja GenRe, komunikasi dilakukan secara tatap muka secara langsung dan dalam menjalankan sosialisasinya Duta GenRe memiliki hambatan baik dari remaja akibat sikap prasangka yang ada dan dari Duta GenRe seperti minimmnya dana yang ada dan kontribusi dari Duta GenRe yang belum merata. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Duta GenRe, Remaja
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Yesi Puspita, M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 17:13 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 17:13 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53695 |
Actions (login required)
View Item |