PERANCANGAN & EVALUASI BOTOL MINUM UNTUK PENDAKIAN GUNUNG DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP)

MUTIARA, AULIA PUTRI (2019) PERANCANGAN & EVALUASI BOTOL MINUM UNTUK PENDAKIAN GUNUNG DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img] Text (TA FULL)
TA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada saat sekarang ini minat masyarakat terhadap kegiatan pendakian gunung semakin meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari semakin ramai masyarakat yang melakukan pendakian gunung setiap tahunnya. Dalam melakukan kegiatan pendakian gunung, terdapat beberapa kebutuhan yang diperlukan salah satunya kebutuhan air minum. Untuk membawa air minum, para pendaki membutuhkan botol minum. Sayangnya, botol minum yang sering digunakan para pendaki masih memiliki beberapa kekurangan. Oleh karena itu, maka dilakukan penelitian untuk menghasilkan rancangan desain botol minum yang dibutuhkan para pendaki gunung saat di perjalanan. Penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan yang terdiri dari studi literatur dan studi lapangan dan kemudian dilakukan perancangan kuisioner dan penyebaran kuisioner. Dari kuisioner diperoleh 23 customer requirement yang diklasifikasi menggunakan metode Kano dan diolah menggunakan metode QFD hingga fase 2 yang outputnya berupa hasil rancangan botol minum untuk kegiatan pendakian gunung. Pada penelitian ini dihasilkan 3 alternatif rancangan berdasarkan hasil QFD. Pemilihan rancangan terbaik dilakukan dengan menggunakan metode AHP yaitu membandingkan ketiga alternatif berdasarkan empat kriteria yaitu performance, durability, fitur dan estetika. Dari ketiga alternatif terpilih hasil rancangan terbaik yaitu rancangan kedua dengan nilai bobot tertinggi yaitu 0,400. Rancangan kedua ini menggunakan material utama stainless steel yang dapat dilipat. Kata kunci : botol minum, customer requirement, metode kano, analytic hierarchy process, quality function deployment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. -Eng. Desto Jumeno
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 05 Nov 2019 09:26
Last Modified: 05 Nov 2019 09:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53653

Actions (login required)

View Item View Item