KAJIAN RANTAI PASOK BUNGA KRISAN POTONG DI KELOMPOK TANI TUNAS BARU NAGARI AIA BATUMBUAK, KECAMATAN GUNUNG TALANG, KABUPATEN SOLOK

Dyra, Sartivani Ulfah (2019) KAJIAN RANTAI PASOK BUNGA KRISAN POTONG DI KELOMPOK TANI TUNAS BARU NAGARI AIA BATUMBUAK, KECAMATAN GUNUNG TALANG, KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur dan aktivitas aliran rantai pasok bunga krisan potong di Kelompok Tani Tunas Baru Nagari Aia Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok (2) menganalisis efisiensi saluran pemasaran pada Kelompok Tani Tunas Baru Nagari Aia Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok yang akan dilihat berdasarkan alur produk dari produsen ke konsumen. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah ketua, sekretaris dan bendahara Kelompok Tani Tunas Baru, sedangkan untuk menentukan sampel florist, pendekor dan konsumen, peneliti menggunakan teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur rantai pasok bunga krisan potong terdiri antara petani di Kelompok Tani Tunas Baru, pendekor, florist, dan konsumen. Kondisi rantai pasok bunga krisan potong berdasarkan aliran aktivitas rantai pasok berjalan dengan lancar, tetapi masih memiliki sedikit kendala yaitu pemenuhan dari permintaan bunga krisan potong. Berdasarkan dari rantai pasok bunga krisan potong terdapat 2 saluran pemasaran yaitu Petani – Pendekor – Konsumen (Keindahan) dan Petani – Florist – Konsumen (Fisik). Berdasarkan analisis marjin dan farmer’s share didapatkan bahwa saluran pemasaran 1 memiliki marjin pemasaran sebesar Rp 40.000/ikat dengan nilai farmer’s share sebesar 33,33 %. Sedangkan pada saluran pemasaran 2 marjin pemasaran yang dimiliki adalah Rp 30.000/ikat dengan farmer’s share sebesar 40 %. Dari efisiensi biaya saluran pemasaran 2 lebih efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran 1. Hal ini dikarenakan saluran pemasaran 2 memiliki nilai efisiensi sebesar 44,28 % dan pada saluran pemasaran 1 memiliki efisiensi sebesar 64,44 %. Kata kunci : Rantai Pasok, Bunga Krisan Potong, Margin, Farmer’s share, Efisiensi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Helmi, M.Sc, Ph.D.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 05 Nov 2019 09:30
Last Modified: 05 Nov 2019 09:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53638

Actions (login required)

View Item View Item