PERSEPSI ANGGOTA KELOMPOK TANI DALAM MELAKSANAKAN USAHA BUDIDAYA SAPI POTONG (Studi Kasus : Kelompok Tani Pemuda Setia Di Nagari Simalanggang Kabupaten 50 Kota )

Reza Satya, Nanda (2019) PERSEPSI ANGGOTA KELOMPOK TANI DALAM MELAKSANAKAN USAHA BUDIDAYA SAPI POTONG (Studi Kasus : Kelompok Tani Pemuda Setia Di Nagari Simalanggang Kabupaten 50 Kota ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan dan saran)
3. Bab akhir.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img] Text (Bab 1 - Bab 5)
5. Bab 1- akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG, 2019 PERSEPSI ANGGOTA KELOMPOK TANI DALAM MELAKSANAKAN USAHA BUDIDAYA SAPI POTONG (Studi Kasus: Kelompok Tani Pemuda Setia Di Nagari Simalanggang Kabupaten 50 Kota) Reza Satya Nanda, dibawah bimbingan Ir. Ismet Iskandar, MS dan Dr. Ir. Arfa’i, MS Bagian Pembangunan dan Bisnis Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi anggota Kelompok Tani Pemuda Setia dalam melaksanakan usaha budidaya sapi potong ditinjau dari panca usaha peternakan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Cara pelaksanaannya dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuisioner) kepada 17 orang anggota kelompok yang dilakukan pada tanggal 23 Mei 2019 sampai 2 Juni 2019. Variabel yang diukur yaitu persepsi peternak berdasarkan panca usaha peternakan (bibit, pakan, perkandangan, pencegehan dan pengendalian penyakit, dan pemasaran). Analisis data dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa persepsi anggota kelompok dalam melaksanakan budidaya ternak sapi potong termasuk pada kategori sedang dengan nilai rataan 17.29. Nilai persepsi anggota kelompok pada aspek bibit yaitu 26,94 termasuk dalam kategori sedang, nilai persepsi aspek pakan 21,35 termasuk kategori sedang, nilai persepsi aspek perkandangan 8,12 termasuk kategori sedang, nilai persepsi aspek pencegahan dan pengendalian penyakit 16, termasuk kategori sedang, dan nilai persepsi aspek pemasaran 14,06 termasuk kategori sedang. Berbagai penyebab terkait dengan nilai persepsi masing-masing aspek dalam kategori sedang adalah belum meratanya pengetahuan yang dimiliki oleh anggota kelompok, belum maksimalnya keterampilan yang mereka miliki serta sikap dan persepsi yang cenderung berubah-ubah dalam pelaksanaan budidaya sapi potong. Kata kunci: Budidaya Sapi Potong, Kelompok Tani, Persepsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Ismet Iskandar, Ms
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 28 Oct 2019 16:16
Last Modified: 28 Oct 2019 16:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53401

Actions (login required)

View Item View Item