HUBUNGAN BEBAN KERJA DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA PERTOLONGAN KECELAKAAN PENERBANGAN DAN PEMADAM KEBAKARAN (PKP-PK)BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU TAHUN 2016

SAMSUAR, SAMSUAR (2016) HUBUNGAN BEBAN KERJA DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA PERTOLONGAN KECELAKAAN PENERBANGAN DAN PEMADAM KEBAKARAN (PKP-PK)BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, April 2016 SAMSUAR, No.BP. 1411216112 HUBUNGAN BEBAN KERJA DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA PERTOLONGAN KECELAKAAN PENERBANGAN DAN PEMADAM KEBAKARAN (PKP-PK) BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU TAHUN 2016 xii + 86 halaman, 13 tabel, 3 gambar, 11 lampiran ABSTRAK Tujuan Penelitian Stres kerja adalah respon emosional dan fisik yang bersifat mengganggu atau merugikan yang terjadi pada saat tuntutan tugas tidak sesuai dengan kapabilitas, sumber daya, atau keinginan pekerja. Pekerja pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP-PK) merupakan pekerjaan dengan resiko stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara beban kerja dan karakteristik individu yaitu masa kerja, pendidikan dan pelatihan, status pernikahan dengan stres kerja pada pekerja pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP-PK) Bandara Internasional Minangkabau. Metode Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan studi observasional analitik menggunakan desain cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Bandara Internasional Minangkabau dari bulan Februari - April 2016 dengan populasi sebanyak 42 orang. Sampel penelitian adalah seluruh pekerja pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP-PK) yang memenuhi kriteria inklusi yaitu 30 orang. Data dianalisis menggunakan uji statistik chi-square dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja memiliki hubungan signifikan dengan stres kerja p value 0,000. Sedangkan karakteristik individu seperti masa kerja, pendidikan dan pelatihan, status pernikahan tidak memiliki hubungan dengan stres kerja. Kesimpulan Beban kerja yang berat memiliki hubungan dengan stres kerja sedang (100%). Disarankan kepada Dinas PKP-PK agar menyesuaikan beban kerja dengan kemampuan dan kapasitas kerja pekerja untuk menghindari beban kerja berlebihan maupun beban kerja yang terlalu ringan. Daftar Pustaka : 28 (2001-2015) Kata Kunci : Stres Kerja, Bandara BIM, PKP-PK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 27 Apr 2016 08:16
Last Modified: 27 Apr 2016 08:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item View Item