ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY.S (39 TAHUN) DENGAN KANKER SERVIKS STADIUM IIA POST KEMOTERAPI DAN PENERAPAN EVIDENCE BASED PRACTICE DI RUANGAN GINEKOLOGI-ONKOLOGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Rahmi, Lega Septi (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY.S (39 TAHUN) DENGAN KANKER SERVIKS STADIUM IIA POST KEMOTERAPI DAN PENERAPAN EVIDENCE BASED PRACTICE DI RUANGAN GINEKOLOGI-ONKOLOGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Text (Cover & Abstrak))
1. Cover & Abstrak-converted.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Text (Pendahuluan))
2. BAB 1-converted.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Text (Kesimpulan & Saran))
3. BAB V-converted.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Text (Daftar Pustaka))
4. Daftar Pustaka-converted.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img] Text (Text (KIA Lengkap))
5. KIA Lengkap-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kanker serviks marupakan jenis kanker yang menyerang mulut rahim dan terjadi melalui pembelahan sel yang tidak terkendali dan sel tersebut menyerang jaringan biologis lainnya. Kemoterapi merupakan salah satu pengobatan kanker dengan menggunakan obat antikanker atau sitostatika. Rangkaian program kemoterapi dapat menimbulkan berbagai efek samping pada gastrointestinal salha satunya mual muntah, dan pada psikologi yaitu kecemasan. Penanganan yang diberikan pada pasien dengan pemberian asuhan keperawatan melalui penerapan terapi relaksasi inhalasi aroma citrus dan terapi relaksasi tekhnik autogenik. Tujuan penulisan laporan ilmiah ini adalah untuk membahas Asuhan Keperawatan Pada Pasien Kanker Serviks Post Kemoterapi dan Penerapan Evidence Based Practice di Ruangan Ginekologi Onkologi Kebidanan RSUP Dr. M. Djamil Padang. Relaksasi Autogenik Traning merupakan relaksasi dengan penyampaian sugesti positif yang membuat efek relaksasi psikologis dan akhirnya akan didapatkan efek anxiolitik. Sedangkan aromaterapi citrus merupakan terapi yang diberikan untuk mencegah dan mengurangi mual muntah. Metode yang digunakan adalah studi kasus melalui pendekatan proses keperawatan. Diagnosa keperawatan yang timbul yaitu resiko perdarahan, nausea/mual, resiko cedera, ansietas, disfungsi seksual dan penurunan koping keluarga. Proses keperawatan dimulai dari pengkajian, analisa data, merumuskan diagnosa keperawatan, menyusun rencana keperawatan, melakukan implementasi dan pendokumentasian proses keperawatan. Hasil evaluasi nausea/mual menunjukkan masalah teratasi sebagian, dan ansietas menunjukkan teratasi dengan melakukan penerapan kedua evidence based practice diatas. Diharapkan agar diterapkannya inhalasi aroma citrus untuk mual dan muntah serta diterapkannya relaksasi autogenik untuk kecemasan pada pasien kanker serviks yang menjalani kemoterapi agar nausea/mual dan ansietas pada pasien dapat diminimalkan. Kata Kunci : Kanker Serviks, Kemoterapi, Inhalasi Aroma Citrus, Tekhnik Autogenik Daftar Pustaka : 52 (2001-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Yanti Puspita Sari, M. Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2019 14:28
Last Modified: 25 Oct 2019 14:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52555

Actions (login required)

View Item View Item