Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada UMKM Industri Manufaktur di Kota Padang)

Arif, Rahman (2019) Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada UMKM Industri Manufaktur di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan orientasi pasar, inovasi produk, dan keunggulan bersaing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) industri manufaktur di Kota Padang. Populasi pada penelitian ini adalah UMKM manufaktur yakni sektor kuliner, industri makanan ringan (IMR), dan industri kerajinan tangan (IKT) yang ada di Kota Padang. Tipe penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah relasional dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu dengan kriteria atau karakteristik UMKM manufaktur di Kota Padang. Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 125 UMKM manufaktur di Kota Padang. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan microsoft excel dan SmartPLS (Partial Least Square) versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, inovasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan di mediasi oleh inovasi produk pada UMKM manufaktur di Kota Padang. Kata Kunci : Orientasi Pasar;Inovasi Produk; Keunggulan Bersaing

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hafiz Rahman, SE, MSBS. Ph.D
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 25 Oct 2019 12:06
Last Modified: 25 Oct 2019 12:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52405

Actions (login required)

View Item View Item