INTERAKSI AYAH DAN ANAK REMAJA MELALUI WHATSAPP MESSANGER (Studi Komunikasi Ayah dan Anak di Gadut, Kelurahan Limau Manis, kec, Pauh, Kota Padang)

Fara, Nazalia Nabila (2019) INTERAKSI AYAH DAN ANAK REMAJA MELALUI WHATSAPP MESSANGER (Studi Komunikasi Ayah dan Anak di Gadut, Kelurahan Limau Manis, kec, Pauh, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI LENGKAP FARA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Di zaman modern saat ini komunikasi yang dilakukan ayah dan anak mulai berkurang, tuntutan pekerjaan membuat ayah tidak bisa menjalankan perannya sebagai kepala keluarga sehingga memiliki waktu yang sedikit untuk bertemu dengan anaknya. Adanya WhatsApp Messanger sebagai media penghubung antara ayah dan anak diyakini membantu ayah dalam menjalankan perannya khususnya pada anak remaja yang membutuhkan perhatian yang lebih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses komunikasi interpersonal, hambatan dan implikasi dalam komunikasi ayah dan anak melalui WhatsApp Messanger dengan menggunakan teori Sosial Information Processing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposif sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai dan mengobservasi empat keluarga yang terdiri dari ayah dan anak remaja. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Untuk mendapatkan validasi data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses komunikasi yang terjadi pada setiap ayah dan anak pada setiap keluarga itu berbeda. Terdapat 4 bentuk pesan yang dipertukarkan seperti pesan reminder (mengingatkan), friendly (ramah), Affectionate (penuh kasih sayang), dan informative (memberikan informasi). Pesan-pesan tersebut bertujuan untuk membangun kedekatan dan memaksimalkan peran ayah sebagai kepala keluarga untuk anaknya. Hambatan yang dialami oleh ayah dan anak saat berkomunikasi melalui WhatsApp Messanger terdiri dari hambatan psikologis, hambatan sosiologis dan hambatan ekologis. Selain itu, terdapat empat implikasi dari penggunaan WhatsApp Messanger dalam komunikasi ayah dan anak remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M,Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, WhatsApp Messanger, Ayah, Anak.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 25 Oct 2019 14:38
Last Modified: 25 Oct 2019 14:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52091

Actions (login required)

View Item View Item