PEMODELAN DISTRIBUSI TIME HEADWAY PENGEMUDI AGGRESSIVE DAN NON AGGRESSIVE

Yolla, Rahmasari (2019) PEMODELAN DISTRIBUSI TIME HEADWAY PENGEMUDI AGGRESSIVE DAN NON AGGRESSIVE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
a. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img] Text (TA FULL TEXT)
TA full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Data Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia menyebutkan bahwa setiap tahun ada 28.000 – 38.000 orang meninggal akibat kecelakaan. Menurut data KepolisiPan Indonesia, rata-rata 3 orang meninggal setiap jam akibat kecelakaan jalan di Indonesia. Data tersebut menyatakan bahwa besarnya jumlah kecelakaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: faktor manusia yaitu yang terkait dengan kemampuan karakter pengemudi 61 %, faktor kendaraan 9%, dan faktor prasarana dan lingkungan 30%. Demikian disampaikan Jendral Perhubungan Darat Pudji Hartanto, DEPKES (2017). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model distribusi time headway yang sesuai dengan data hasil penelitian dan mengetahui perilaku agresif pengemudi di Jalan Prof. Dr. Hamka, dan Jalan Raya Ampang. Pengumpulan data dilakukan melakukan survei lalu lintas dengan menggunakan handycam. Pengolahan data pengamatan data dilakukan menggunakan software Stop Data Program. Untuk mendapatkan kesesuaian model distribusi , dilakukan uji Kolmogorov Smirnov Test dengan menggunakan software Easy Fit. Dari analisis didapatkan hasil sebagai berikut, model distribusi terbaik berdasarkan lokasi dan waktu survey memiliki kesamaan model distribusi yaitu Johnson SB, sedangkan model distribusi di Jalan Raya Ampang sore hari dan model distribusi sore hari memiliki perbedaan model distribusi, yaitu Log-pearson 3. Dan model distribusi non aggressive juga memiliki kesamaan model distribusi, yaitu Johnson SB, kecuali pada Jalan Prof. Dr. Hamka sore hari yaitu, model distribusi Gen Pareto. Perilaku agresif pengemudi di lokasi survei yang ditemukan seperti, mengikuti kendaraan terlalu dekat, mendahului kendaraan dengan kasar, berpindah jalur tanpa memberi tanda, menghalangi pengemudi lain untuk masuk ke lajur, dan mengurangi kecepatan secara mendadak. Kata kunci : Time Headway, Pengemudi Aggressive. Non Aggressive, Model Distribusi, Perilaku

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: PURNAWAN, Ph.D
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 24 Oct 2019 14:35
Last Modified: 24 Oct 2019 14:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51875

Actions (login required)

View Item View Item