Peran Orientasi Pasar dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Bisnis dan Keunggulan Bersaing Studi Pada UMKM Rumah Makan Minang di Sumatera Barat

LAURA, AMELIA TRIANI (2019) Peran Orientasi Pasar dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Bisnis dan Keunggulan Bersaing Studi Pada UMKM Rumah Makan Minang di Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak & cover.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img] Text (Full Text Thesis)
full text thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi strategi orientasi pada UMKM di Sumatera Barat. Terdapat dua parameter strategi yang digunakan yaitu orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar. Fokus tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran orientasi pasar dalam memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis dan keunggulan bersaing pada UMKM terutama industri kuliner yaitu Rumah Makan Minang di Sumatera Barat. Objek penelitian ini adalah rumah makan yang terdaftar pada BPS Sumatera Barat dan telah disurvei lokasi oleh tim googlemaps yang tersebar di sebelas kota. Sample penelitian ini diambil dari pemilik rumah makan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan sebanyak 173 kuisioner kepada pemilik atau pengurus utama rumah makan. Proses pengambilan data dilakukan oleh lima orang tim yang telah berpengalaman dan diberikan pelatihan dan pemahaman terhadap pertanyaan yang terlampir dalam kuisioner tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) menggunakan program aplikasi SmartPLS 3.2.8 Professional. Dalam penelitian ini, disimpulkan bahwa orientasi pasar memiliki peran dalam memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis, tapi tidak terbukti memiliki peran dalam memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Rumah Makan Minang di Sumatera Barat. Indikator lainnya akan dibahas pada makalah ini. Kata Kunci: Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kinerja Bisnis, Keunggulan Bersaing

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yulia Hendri Yeni, S.E,.M.T.,Ak
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 25 Oct 2019 12:21
Last Modified: 25 Oct 2019 12:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51692

Actions (login required)

View Item View Item