IDENTIFIKASI KONFLIK DAN PELANGGARAN LALU LINTAS PERSIMPANGAN EMPAT KAKI BERSINYAL JALAN NASIONAL DI KOTA SOLOK

Rizki, Dwi Putra (2019) IDENTIFIKASI KONFLIK DAN PELANGGARAN LALU LINTAS PERSIMPANGAN EMPAT KAKI BERSINYAL JALAN NASIONAL DI KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
2. BAB1 .pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
3. BAB5 .pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. RIZKI DWI PUTRA FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Simpang Rumbio adalah persimpangan empat kaki di kota Solok yang mempertemukan JL. By Pass Ktk – JL. Datuak Perpatih Nan Sabatang – JL. Nasir Sutan Pamucak – JL. Pulai. Simpang ini termasuk simpang yang terbilang penting di kota solok karena simpang ini dilalui oleh jalan nasional dan salah satu ruas jalan pada simpang ini langsung mengarah ke pusat kota solok, menyebabkan pergerakan arus yang cukup tinggi di simpang tersebut. Namun tingginya pergerakan kendaraan dalam berpindah arah dan tujuan pada Simpang Rumbio, tidak berfungsinya rambu dan marka dengan baik, serta Panjang nya antrian menyebabkan pelanggaran dan konflik sering terjadi yang dikhawatirkan menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan konflik serta pelanggaran yang terjadi di persimpangan (Simpang Rumbio) berdasarkan jumlah dan persentase kejadian, zona, prediksi kejadian mendatang, dan juga jenis setiap kendaraan seperti sepeda motor (MC), kendaraan ringan (LV), kendaraan berat (HV), dan kendaraan tidak bermotor (UM). Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang didapatkan, persentase kejadian konflik merging 62%, crossing 14% dan diverging 24%. Kendaraan yang mengalami konflik untuk MC 62%, LV 38%, HV 0% dan UM 0% dari total kendaraan yang mengalami konflik. Kendaraan yang mengalami konflik untuk seluruh MC yang melintas adalah 6%, untuk seluruh LV yang melintas adalah 11%, untuk HV dan UM yang melintas tidak ada yang terlibat konflik. Persentase pelanggaran yang terjadi untuk melawan arus 45%, melanggar marka 46%, melanggar rambu 3%, menerobos lampu merah 6% dari total pelanggaran. Kendaraan yang paling banyak melakukan pelanggaran untuk MC 88%, LV 12%, HV 0% dan UM 0% dari total kendaraan yang melanggar. Kendaraan yang melanggar untuk seluruh MC yang melintas adalah 31%, untuk seluruh LV yang melintas adalah 13%, untuk HV dan UM yang melintas tidak ada melanggar atau kejadian pelanggaran 0%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yossyafra, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: pelanggaran, kejadian konflik, persimpangan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 24 Oct 2019 16:47
Last Modified: 24 Oct 2019 16:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51613

Actions (login required)

View Item View Item