Gambaran Pengetahuan Ibu Dan Dukungan Petugas Kesehatan Pada Ibu Multigravida Trimester III Dalam Inisiasi Menyusu Dini (IMD) Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang

Nofriyanti, Riska (2019) Gambaran Pengetahuan Ibu Dan Dukungan Petugas Kesehatan Pada Ibu Multigravida Trimester III Dalam Inisiasi Menyusu Dini (IMD) Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsinofriyantifull.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tingginya Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Inisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah salah satu intervensi yang dapat secara signifikan mengurangi angka kematian bayi. Kegagalan IMD disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kurangnya pengetahuan ibu dan dukungan petugas kesehatan mengenai pentingnya IMD. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan pengetahuan ibu dan dukungan petugas kesehatan pada ibu multigravida trimester III dalam inisiasi menyusu dini (imd) di wilayah kerja Puskesmas Andalas Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif.Sampel penelitian ini adalah ibu multigravida trimester III di Puskesmas Andalas Padang yang berjumlah 41 orang. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan di Puskesmas Andalas Padang dari bulan April sampai September 2019. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner dan analisa data dengan analisa univariat. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa lebih dari setengah responden memiliki pengetahuan kurang baik (61,0%), dan lebih dari setengah responden mendapat dukungan petugas kesehatan (68,3). Disarankan kepada institusi pelayanan dapat memberikan penyuluhan tentang pentingnya penyuluhan dan informasi tentang IMD kepada ibu multigravida khususnya trimester ke-3, untuk persiapan saat melahirkan nantinya sehingga dapat menerapkan dan meminta untuk dilakukan IMD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Lili Fajria, S.Kep., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Inisiasi menyusu dini, pengetahuan, dukungan petugas kesehatan.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Oct 2019 12:20
Last Modified: 24 Oct 2019 16:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/51556

Actions (login required)

View Item View Item