Kajian Penerapan Enterprise Resource Planning Terhadap Kinerja Perusahaan

Kurniawan, Harbi (2025) Kajian Penerapan Enterprise Resource Planning Terhadap Kinerja Perusahaan. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (Bab Akhir)
bab akhir.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (Tugas Akhir FullText)
Tugas Akhir FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Published Version

Download (223kB)

Abstract

PT Kunango Jantan merupakan salah satu perusahaan besar di bidang manufaktur dan konstruksi yang berlokasi di Padang, Sumatera Barat, dan telah mengimplementasikan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) untuk meningkatkan kinerja bisnis, efisiensi, serta daya saing. ERP diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai alat administrasi, tetapi juga mampu mendukung kepuasan pelanggan, memperkuat strategi bersaing, meningkatkan efektivitas pelatihan, serta memperkuat daya tarik produk. Namun, keberhasilan ERP masih belum pasti karena banyak perusahaan terkendala menggunakannya, terutama akibat kurangnya dukungan strategi bersaing dan pelatihan karyawan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara kinerja bisnis dengan kepuasan pelanggan, strategi bersaing dengan kinerja bisnis, kinerja bisnis dengan pelatihan, serta kinerja bisnis dengan daya tarik produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS. Populasi penelitian adalah karyawan PT Kunango Jantan, dengan jumlah responden sebanyak 45 orang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kepuasan pelanggan, strategi bersaing, pelatihan, dan daya tarik produk sebagai variabel independen, serta kinerja bisnis sebagai variabel dependen. Pengukuran dilakukan dengan instrumen kuesioner skala Likert, dan analisis data mencakup uji outer model untuk validitas dan reliabilitas, serta uji inner model untuk pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat beberapa variabel yang berpengaruh signifikan, seperti kepuasan pelanggan terhadap pelatihan (T = 2,129; P = 0,033), kepuasan pelanggan terhadap daya tarik produk (T = 2,610; P = 0,009), strategi bersaing terhadap daya tarik produk (T = 2,284; P = 0,022), serta interaksi pelatihan sebagai moderator antara kepuasan pelanggan dan kinerja bisnis (T = 2,836; P = 0,005). Namun, terdapat juga jalur yang tidak berpengaruh signifikan, yaitu kepuasan pelanggan terhadap kinerja bisnis(T = 0,190; P = 0,849), daya tarik produk terhadap kinerja bisnis (T = 0,737; P = 0,461), dan strategi bersaing terhadap kinerja bisnis (T = 1,734; P = 0,083). Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun sebagian besar hipotesis ditolak, keberadaan variabel pelatihan sebagai moderator mampu memperkuat hubungan tertentu sehingga memberi kontribusi terhadap peningkatan kinerja bisnis.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D., IPU, ASEAN Eng., APEC Eng.
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Produk; Kinerja Bisnis; Kepuasan Pelanggan; Strategi Bersaing; Pelatihan
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 05 Nov 2025 04:24
Last Modified: 05 Nov 2025 04:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/514540

Actions (login required)

View Item View Item