Strategi Pengembangan Usaha Keripik Tempe Kemal di Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Astuti, Erni Widi (2025) Strategi Pengembangan Usaha Keripik Tempe Kemal di Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
SKRIPSI ERNI WIDI ASTUTI (COVER&ABSTRAK).pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
SKRIPSI ERNI WIDI ASTUTI (BAB I).pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
SKRIPSI ERNI WIDI ASTUTI (BAB V).pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI ERNI WIDI ASTUTI (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI ERNI WIDI ASTUTI (FULL TEXT).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Usaha Keripik Tempe Kemal merupakan usaha mikro yang memperoduksi tempe mentah menjadi olahan keripik tempe yang berlokasi di Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Semakin majunya teknologi dan semakin banyaknya pesaing, usaha ini menghadapi beberapa masalah yang menghambat usahanya, baik dari lingkungan internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lingkungan usaha serta merumuskan strategi pengembangan Usaha Keripik Tempe Kemal. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif serta kuantitatif. Alat yang digunakan termasuk Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal-External (IE), dan Matriks Quantitative Strategic Planning (QSPM). Berdasarkan perhitungan menggunakan matriks IFE dan EFE, didapatkan nilai IFE sebesar 2,65 dan nilai EFE 2,84. Sehingga didapatkan matriks IE pada kuadran V yaitu menjaga dan bertahan. Sehingga pilihan strategi alternatifnya adalah: (1) menjaga loyalitas dengan menjaga produksi sesuai standar mutu pada perizinan yang diperoleh (2) menjaga kerjasama internal untuk mempertahankan konsistensi rasa sebagai produk keripik tempe sehat (3) mengembangkan variasi ukuran kemasan (4) mempertahankan kerjasama dengan pemasok (5) menjalin kerjasama dengan swalayan lokal. Didaptkan strategi prioritas QSPM yaitu menjaga kerjasama internal untuk mempertahankan konsistensi rasa sebagai keunggulan kompetitif untuk memperkuat merk, serta mengembangkan produk keripik tempe sehat.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr.Ir. Ira Wahyuni Syarfi,MS; Ir. Dwi Evaliza,M.Si
Uncontrolled Keywords: EFE;IFE;QSPM;SWOT;Strategi pengembangan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: S1 Agribisnis Agribisnis
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:51
Last Modified: 04 Nov 2025 07:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/514266

Actions (login required)

View Item View Item